Senin 23 Jan 2017 14:40 WIB

Sukabumi Kembali Diguncang Gempa 5,1 SR

Rep: Riga Iman/ Red: Angga Indrawan
Gempa Bumi
Gempa Bumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Wilayah Kota/Kabupaten Sukabumi kembali diguncang gempa bumi Senin (23/1) siang. Guncangan gempa yang berkekuatan 5,1 skala richter (SR) tersebut dilaporkan belum menyebabkan kerusakan maupun korban jiwa.Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa terjadi pada pukul 13.12 WIB.

Letak kedalaman gempa bumi mencapai sepuluh kilometer dengan titik koordinat 8.50 LS,105.87 BT. Pusat gempa bumi berada di 210 kilometer Barat Daya Kota Sukabumi, Jawa Barat. "Betul ada getaran gempa, namun sebagian warga tidak merasakan," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Usman Susilo.

Selepas gempa lanjut dia petugas di daerah telah diminta memantau dampak gempa. Hasilnya ungkap Usman, hingga kini belum ada laporan terjadinya gempa bumi dari 47 kecamatan di Kabupaten Sukabumi. Ia berharap getaran gempa tersebut tidak menimbulkan kerusakan maupun korban jiwa.

Diakui Usman, dalam sebulan terakhir ini wilayan Sukabumi sudah beberapa kali diterjang gempa. Pusat gempa berada pada titik yang sama yakni barat daya Kota Sukabumi.

Sebelumnya, gempa bumi juga terjadi pada 13 Januari 2017 lalu sekitar pukul 02.45 WIB. Gempa berkekuatan 4,6 SR itu pun tidak menimbulkan kerusakan maupun korban jiwa. Letak kedalaman berada pada 18 kilometer dan pusat gempa di laut 74 kilometer tenggara Kota Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement