Senin 16 Jan 2017 18:29 WIB

Klarifikasi Faber Castell Terkait Dugaan Pencemaran ke Kali Bekasi

Pensil Faber Castell
Foto: IST
Pensil Faber Castell

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT AW Faber Castell Indonesia (FCI-2) menyampaikan klarifikasi terkait pemberitaan di Republika.co.id berjudul "BPLH Bekasi Telusuri Sumber Pencemaran Kali Bekasi" yang tayang pada Rabu, 11 Januari 2017. Dalam surat tertulisnya, Faber Castell memberikan tiga poin penjelasan, yakni:

1. Pabrik pensil Faber-Castell yang terletak di Narogong, Bantar Gebang-Bekasi, berbatasan langsung dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) Bekasi, sehingga pihak BPLH Kota Bekasi dianggap perlu memberikan pengarahan dan pembinaan kepada seluruh perusahaan maupun pihak yang terletak berdekatan dengan DAS Bekasi, untuk menjaga kelestarian Sungai Bekasi.

2. Faber-Castelll sebagai produsen alat tulis tertua dan terbesar di dunia, memiliki komitmen kuat yang berlaku secara global, bukan hanya menghadirkan produk-produk berkualitas, tetapi juga produk dan proses yang ramah lingkungan. Komitmen lainnya termasuk aktif dalam tanggung jawab sosial & lingkungan, termasuk di Indonesia. Semua pabrik Faber-Castell memiliki sertifikasi ISO 14001 yang merupakan sistem manajemen lingkungan. Produk-produk yang dihasilkan Faber-Castell selalu merujuk kepada standar keamanan Eropa melalui EN-71 (produk aman bagi anak-anak) dan standard keselamatan di tiap negara.

  

3. Pabrik Pensil Faber-Castell selalu taat dalam mengirimkan laporan lingkungan ke BPLH secara periodik. Dalam laporan tersebut juga melampirkan hasil pengujian lingkungan yang dilakukan secara rutin, baik yang dilakukan per 1 bulan  maupun per-semester/ 6 bulan, dan sejauh ini hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas air outlet dari  pabrik pensil Faber-Castell masih jauh di bawah Nilai Ambang Batas (NAB).  BPLH Kota Bekasi juga telah mengakui bahwa Faber-Castell termasuk perusahaan yang taat  terhadap peraturan yg ada.

Dalam keterangan tertulisnya, Faber Castell  juga melampirkan scan sertifikasi ISO 14000 dan Hasil Pengujian Lingkungan bulan Desember 2016 terhadap kualitas air outlet di pabrik Pensil Faber-Castell.

Pada berita berjudul "BPLH Bekasi Telusuri Sumber Pencemaran Kali Bekasi", BPLH Bekasi menyatakan, Faber Castell adalah satu dari belasan perusahaan yang melakukan pencemaran limbah industri ke kali Bekasi.

(Baca Juga: BPLH Bekasi Telusuri Sumber Pencemaran Kali Bekasi)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement