Kamis 29 Dec 2016 20:19 WIB

Bekasi tak Lagi Jadi Lumbung Pangan Nasional

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengatakan Kabupaten Bekasi saat ini tidak bisa lagi disebut sebagai kawasan lumbung pangan nasional karena pertumbuhan industri di kawasan tersebut sangat tinggi dalam jangka beberapa tahun ini.

"Di Kabupaten Bekasi itu enggak bisa lagi diklaim sebagai lumbung pangan nasional, khususnya padi," katanya usai memimpin Rapat Pleno Dewan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Barat, di Gedung Sate Bandung, Kamis (29/12).

Selain itu, lanjut Wagub Jawa Barat, Kabupaten Bekasi tidak bisa lagi disebut sebagai kawasan lumbungan pangan nasional karena produksi padi di kawasan tersebut hanya mampu memenuhi 30 persen kebutuhan warganya.

"Jadi saat ini, di kabupaten Bekasi hanya mencukupi 30 persen dari kebutuhan beras. Penduduknya bertambah besar karena industi luar biasa. Lahan pertanian mengecil jadi hanya bisa mensuplai 30 persen," ujarnya.

Berdasarkan pemaparan Dewan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Barat dalam rapat pleno tersebut diketahui bahwa produksi padi di Jawa Barat semakin berkurang tiap tahunnya.

Pada tahun 2013 Jawa Barat memproduksi 12,08 juta ton padi dan berkurang pada 2014 menjadi 11,64 juta ton dan kondisi yang sama juga terjadi pada 2015 turun menjadi 11,37 juta ton hingga 2016 menjadi 10,84 juta ton.

Menyikapi hal tersebut, Deddy Mizwar mengatakan kondisi demikian terjadi karena alih fungsi lahan yang semakin tinggi. Lahan pertanian semakin menyempit sehingga hasil panen berkurang signifikan.

"Faktor industri kita memakan lahan pertanian," ucapnya.

Untuk itu, lanjut Deddy Mizwar, salah satu upaya mengantisipasi persoalan berkurangan produksi padi di Jawa Barat maka Pemprov Jawa Barat menargetkan akan mencetak lahan sawah baru.

"Ada target kita akan mencetak sekitar 80 ribu hektare sawah baru bisa dikembangkan untuk meningkatkan ketahanan pangan Jawa Barat," katanya.

Ia menambahkan, untuk kawasan Jabar Selatan akan menjadi prioritas dari program pencetakan sawah baru dan sesuai dengan peraturan daerah tentang pengembangan wilayah metropolitan yang telah dikeluarkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement