Rabu 28 Dec 2016 15:24 WIB

Sleman Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Malam Tahun Baru

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi
Foto: Republika/Rizma Riyandi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Guna mencegah kemacetan dan kecelakaan di jalanan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sleman telah menyiapkan berbagai rancangan rekayasa lalu lintas pada malam tahun baru. Rekayasa difokuskan pada dua titik penyambutan malam tahun baru, yakni di Kaliurang dan Perempatan Lapangan Denggung.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishubkominfo Sleman, Sulton menyampaikan, jika pengunjung di Lapangan Denggung ramai, petugas akan menutup arus lalu lintas dari timur perempatan ke barat. Sementara kendaraan dari arah Kota Yogyakarta ke Magelang akan dialihkan ke Pasar Denggung.

“Jadi nanti di Lapangan Denggung hanya akan ada satu arah saja, yaitu arah dari barat ke timur,” tutur Sulton pada Republika, Rabu (28/12). Sedangkan rekayasa di Kaliurang akan diberlakukan jika pintu gerbang timur kawasan wisata tersebut terpantau padat.

Di aman kendaraan dari pintu gerbang timur akan dialihkan ke Panti Asih, lalu ke arah barat. Kemudian ke Simpang Empat Panen ke utara menuju Kawasan Wisata Kaliurang. Selain itu, petugas Dishubkominfo juga akan melakukan pemantauan di titik rawan antrian kendaraan.

 

Setidaknya akan ada 54 personel Dishubkominfo yang akan dikerahkan untuk memantau arus lalu lintas pada malam tahun baru. Mereka akan diterjunkan ke lapangan sekitar ba'da magrib dengan pembagian tugas di Pos Denggung, Pos Kaliurang, dan tim mobile.

Adapun titik rawan antrian kendaraan di Sleman meliputi semua persimpangan di sepanjang Ring Road, Persimpangan Bandara Adisutjipto, Area pertokoan di Jalan Magelang terutama Jogja City Mall (JCM), dan Persimpangan Tempel.

Sulton mengimbau agar masyarakat yang berkendara saat malam tahun baru dapat mematuhi rambu lalu lintas dan standar keselamatan. “Tolong juga untuk menghindari obat-obatan, alkohol, dan narkoba. Karena biasanya kecelakaan berkendara bisa timul karena pengaruh obat, alkohol, dan narkoba,” papar Sulton.

Ia meyakini rambu lalu lintas dan lampu penerang jalan di Sleman sendiri sudah memadai. Sehingga pengendara tidak akan terkendala dalam mengemudi. Sulton memperkirakan kepadatan kendaraan pada malam tahun baru akan terjadi sekitar jam pukul 19.00 sampai 03.00. Sedangkan untuk saat ini, arus kendaraan di seluruh wilayah Sleman masih terpantau lancar.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement