Selasa 27 Dec 2016 15:26 WIB

Bekasi Berencana Batalkan Malam Bebas Kendaraan Tahun Baru

Ilustrasi
Foto: Antara
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, berencana membatalkan kegiatan malam bebas kendaraan (car free night) pada malam pergantian tahun 2016, Sabtu (31/12), menyusul situasi keamanan yang masih rawan.

"Sampai hari ini kita masih berkoordinasi dengan aparat keamanan dari kepolisian dan TNI apakah diperbolehkan menggelar car free night (malam bebas kendaraan) pada malam tahun baru nanti. Kalau tidak boleh, akan kita batalkan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Yayan Yuliana di Bekasi, Selasa (27/12).

Menurut dia, sejumlah pertimbangan yang dibahas adalah potensi keamanan wilayah pascapenangkapan sejumlah teroris di beberapa daerah termasuk di Kota Bekasi beberapa waktu lalu. Kepolisian menangkap sejumlah teroris di Jalan Bintara VIII, Bintara Jaya, Kota Bekasi, yang tinggal di kamar 104 rumah kos karena tertangkap tangan menyimpan bahan peladak berkekuatan tinggi pada Sabtu sore (10/12).

"Kita masih bahas dulu dengan instansi terkait melihat situasi yang masih dikhawatirkan. Kalau kondusif, kita akan gelar," katanya.

Yayan mengatakan sejumlah daerah penyelanggara car free night tahun baru telah resmi membatalkan kegiatan rutin tahunan itu dengan alasan keamanan. "Pemerintah Provinsi DKI juga telah resmi membatalkan acara car free night dan mengistirahatkan dulu kegiatan itu karena kerawanan ini. Kita masih bahas apakah Kota Bekasi juga perlu membatalkan acara tersebut atau tidak," katanya.

Yayan mengakui, sampai saat ini belum ada imbauan dari pihak manapun terkait larangan penyelenggaraan car free night oleh pemerintah daerah. Koordinasi bersama instansi terkait dimaksudkan agar muncul keputusan terbaik bagi masyarakat yang hendak merayakan malam pergantian tahun dalam situasi aman dan kondusif.

"Acara ini menyangkut pertimbangan situasional. Kita tunggu saja keputusannya besok, Rabu (28/12). Kalau personel kita sudah siap dalam mengatur rekayasa lalu lintas dan potensi kemacetannya," katanya.

Jalan Ahmad Yani, kata dia, saat ini memiliki banyak persimpangan yang berpotensi mengakibatkan kemacetan pada malam pergantian tahun. Rencananya, kata dia, malam bebas kendaraan Kota Bekasi akan dilaksanakan di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan mulai dari simpang Kayuringin hingga Jembatan Layang Summarecon.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement