Senin 26 Dec 2016 20:45 WIB

Kota Batu Terbangkan Ribuan Lampion Sambut Tahun Baru

Rep: Christiyaningsih/ Red: Fernan Rahadi
Festival lampion/ilustrasi
Foto: flickr
Festival lampion/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Ribuan lampion akan diterbangkan dari Kota Batu pada malam pergantian tahun baru 2017 mendatang. Kegiatan ini merupakan salah satu strategi yang dijalankan oleh para pelaku industri pariwisata Kota Batu untuk menarik kunjungan wisatawan.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Pendapatan Daerah Kota Batu untuk pertama kalinya menggelar event lampion ini. Wakil Ketua PHRI Kota Batu Titik S Ariyanto mengatakan sekitar 1.500 lampion direncanakan mengudara di langit Kota Batu.

"Jika biasanya malam pergantian tahun diisi dengan pesta kembang api, kami ingin memberikan kesan berbeda kepada para wisatawan lewat penerbangan lampion," kata Titik kepada //Republika//, Ahad (25/12) di Batu.

Penerbangan ribuan lampion akan dilaksanakan di hotel-hotel yang tergabung dalam PHRI. Saat ini terdapat 79 hotel, restoran, dan tempat wisata di Kota Batu yang bernaung di bawah PHRI. Akan tetapi penerbangan lampion hanya akan digelar di sekitar 20 hotel yang merupakan hotel bintang tiga ke atas. "Targetnya setiap tamu di satu kamar hotel menerbangkan satu lampion," jelas Titik.

Ia optimistis event lampion tersebut akan disambut antusias oleh para tamu dan masyarakat pada umumnya. Apalagi, lanjut Titik, tingkat okupansi hotel di Kota Batu pada liburan akhir tahun ini mencapai 95 persen. Jika event penerbangan lampion pada malam tahun baru nanti berjalan sukses, bukan tidak mungkin bisa menjadi event tahunan di Kota Batu.

Menurut Titik, Kota Batu sebagai destinasi wisata belum memiliki agenda event menonjol yang bisa menyedot banyak wisatawan. PHRI mencoba membantu Pemkot Batu mengadakan event untuk menarik wisatawan. "Jangan hanya mengandalkan tempat-tempat wisata tapi juga perlu agenda wisata," imbuhnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Sinal Abidin mengatakan ide menerbangkan ribuan lampion ini tergolong inovatif. "Semua inisiatif dari PHRI termasuk penyediaan anggaran, Dinas Pariwisata sudah mengimbau agar masing-masing hotel ikut berpartisipasi menyemarakkan event ini jika memungkinkan," kata Sinal. Selain menikmati keindahan lampion yang beterbangan, masyarakat dapat mengikuti pesta kembang api di Balai Kota Among Tani Kota Batu pada malam tahun baru.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement