Senin 26 Dec 2016 15:10 WIB

Pengamat: Blusukan Cara Tepat Pertahankan Elektabilitas Agus

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Angga Indrawan
Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono.
Foto: Antara
Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik Universitas Indonesia, Maswadi Rauf menilai, tidak ada cara lain yang bisa dilakukan Agus Harimurti Yudhoyono dalam mempertahankan elektabilitasnya, selain terus melakukan blusukan. Apalagi, dari sekian banyak lembaga survei yang merilis hasil surveinya, menunjukan Agus selalu unggul dibanding pasangan-pasangan lainnya.

"Karena kita memang pemilu bebas, itu memang gak ada cara lain harus terjun ke lapangan. Calon itu dan tim suksenya mesti rajin ke lapangan menemui masyarakat," kata Maswadi saat dihubungi, Senin (26/12).

Selain mempertahankan keunghulan Agus, blusukan tersebut menurutnya sangat efektif untuk meningkatkan elektabilitas pasangan calon lainnya. Itu tak lain karena dengan blusukan, para calon tersebut menurutnya bisa mempererat kedekatannya dengan masyarakat Jakarta.

Namun begitu, blusukan tersebut harus juga didukung dengan menawarkan program-program realistis. Tak hanya tealistis, tapi prohram yang ditawarkan juga harus benar-benar meyakinkan untuk meningkatkan kesejahteraan masayarakat Jakarta."Itu caranya mendekatkan diri dan meyakinkan rakyat banyak bahwa mereka punya program yang menarik untuk rakyat. Sehingga rakyat Jakarta akan lebih baik kalau mereka terpilih," terang Maswadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement