Jumat 23 Dec 2016 06:48 WIB

Polda Jateng Fokus Antisipasi Kemacetan di Brexit

Pintu Tol Brebes Timur
Foto: ROL/Sadly Rachman
Pintu Tol Brebes Timur

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah akan fokus dalam mengantisipasi kemacetan lalu lintas di pintu keluar tol Brebes Timur atau yang dikenal dengan Brexit, saat libur Natal dan Tahun Baru. Hal tersebut untuk mencegah agar kemacetan 'horor' saat arus mudik lebaran tak terjadi lagi.

"Fokus di Brexit, beberapa skenario sudah disiapkan," kata Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Herukoco di Semarang, Kamis (23/12).

Menurutnya cara bertindak dalam mengatisipasi kemacetan saat libur akhir tahun ini hampir sama dengan saat arus mudik lebaran lalu. Sejumlah titik yang perlu diantisipasi, kata dia antara lain persimpangan serta jalur untuk berputar arah.

Heru melanjutkan, tidak menuturp kemungkinan titik konflik di jalur pantura, seperti persimpangan atau jalur untuk berputar arah akan ditutup. Adapun untuk Brexit, kata dia skenario yang disiapkan jika terjadi kemacetan hingga dua kilometer maka kendaraan akan diarahkan keluar melalui Pejagan.

"Kalau Pejagan juga macet akan dikeluarkan melalui Palimanan," ujarnya.

Arus mudik libur akhir tahun, kata dia diperkirakan akan mulai terjadi pada 23 Desember. Sementara itu, kepolisian menyiagakan 9.870 personel untuk pengamanan natal dan tahun baru, ditambah dari unsur TNI dan pemerintah daerah. Sebanyak 1.029 pos keamanan dan pelayanan disiagakan di seluruh wilayah Jawa Tengah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement