Kamis 22 Dec 2016 10:35 WIB

PP Salimah Catat Tantangan Ibu Masa Kini

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Damanhuri Zuhri
seorang ibu sedang main gadget (ilustrasi)
Foto: Republika/ Darmawan
seorang ibu sedang main gadget (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski peran sosok ibu tetap sama dari masa ke masa, ibu masa kini menghadapi tantangan berbeda. Selain teknologi informasi, ibu-ibu masa kini juga ditantang menginternalisasi dan menjelaskan pentingnya proses.

 

Ketua Pengurus Pusat Persaudaraan Muslimah (Salimah) Siti Faizah mengatakan, ketergantungan akan gadget saat ini terbilang tinggi. Satu sisi hal itu ada baiknya. Tapi jangan sampai gadget membuat para ibu terlalu asik dengan media sosial dan melupakan hal lain.

''Hal itu harus diwaspadai di samping juga sisi kemandirian. Sekarang semua serba mudah dan terkesan instan,'' kata Faizah kepada Republika, Rabu (21/12).

Para ibu saat ini tidak bisa menyamakan generasinya dengan generasi anaknya. Ibu masa kini perlu punya kecakapan mengarahkan anak-anak jangan sampai kehilangan makna berproses karena saat ini semua serba instan.

''Banyak yang tidak lihat kesuksesan yang dimiliki orang lain itu sebenarnya hasil proses panjang. Berproses itu kan fitrah hidup. Yang instan itu kan ada karena banyak tangan yang membatu,'' ungkap Faizah.

Selain itu, tantangan para ibu saat ini juga tidak sekadar jadi objek berbelanja yang halal dan baik, tapi bagaimana bisa jadi subjek. Ibu-ibu harus produktif dari rumah.

Namun ini tidak bermaksud untuk bersaing dengan para bapak karena para ibu tidak wajib mencari nafkah. Ibu yang produktif akan memungkinkan mereka bisa lebih banyak bersedekah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement