Sabtu 17 Dec 2016 22:28 WIB

Agus-Sylvi Ingin Wujudkan Jakarta Jadi Kota Pintar, Ini Konsepnya

Red: Nur Aini
 Pasangan Calon (pasalon) Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Agus H. Yudhoyono-Syilviana Murni. (Republika/Prayogi
Pasangan Calon (pasalon) Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Agus H. Yudhoyono-Syilviana Murni. (Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni ingin mewujudkan Ibu Kota NKRI menjadi sebuah kota pintar.

"Kalau kita bicara soal kota pintar, yang langsung terbayang adalah kota yang 'techie', futuristik dengan penerapan teknologi di mana-mana. Bagi saya Jakarta pintar lebih dari itu, 'beyond technology'," ujar Agus dalam pidato politiknya di acara kampanye tematik di Jakarta, Sabtu (17/12).

Agus menjelaskan bahwa Jakarta yang pintar adalah Jakarta yang mampu mengelola sumber daya yang terbatas, mampu menangani berbagai persoalan kota, serta mampu memajukan kota dan warganya secara keseluruhan dengan dukungan ilmu pengetahuan-teknologi dan seni budaya. Menurut dia, setidaknya ada enam elemen penting dalam Jakarta kota pintar ini, yakni warga yang cerdas, pemerintahan yang pintar, pengelolaan sumber daya yang cerdas, pengelolaan infrastruktur dan bangunan yang cerdas, pengelolaan mobilitas yang cerdas, serta layanan kesehatan yang cerdas.

Ada berbagai sasaran program yang bisa dilakukan dari enam elemen tersebut. Namun, kata Agus, khusus bagi anak muda, program yang paling relevan adalah ketersediaan koneksi internet yang cepat dan stabil yang gratis di setiap fasilitas pemerintah, menyediakan transportasi publik yang bisa mengurangi waktu perjalanan secara signifikan, serta menyediakan sistem peringatan dini untuk gangguan alam maupun gangguan sosial.

Ia mengatakan bahwa seluruh hal tersebut akan membantu meningkatkan produktivitas warga Jakarta, khususnya anak muda.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement