Selasa 13 Dec 2016 16:52 WIB

Palang Merah Cina Bantu Korban Gempa Aceh

Rep: Dyah Meta Ratna Novia/ Red: Dwi Murdaningsih
Lokasi gempa di Pidie Jaya, Aceh
Foto: ROL/Wisnu Aji Prasetiyo
Lokasi gempa di Pidie Jaya, Aceh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa yang melanda Pidie Jaya, Aceh pada 7 Desember lalu membuat banyak pihak tergerak untuk memberikan bantuan kemanusiaan. Salah satunya Palang Merah Cina. Pelaksana Harian Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita mengatakan Palang Merah Cina melalui Duta Besar Cina untuk Indonesia Xie Feng memberikan bantuan sebesar 100 ribu dolar Amerika bagi korban gempa di Aceh.  

"PMI berterima kasih atas bantuan dan kepercayaan yang diberikan oleh Palang Merah Cina kepada PMI," katanya di Jakarta, Selasa, (13/12).

PMI, ujar Ginandjar, akan menggunakan bantuan ini sesuai dengan kebutuhan korban gempa di Aceh. Dana bantuan akan digunakan untuk pelayanan medis seperti pemberian tenaga dokter, pemberian obat-obatan, pemberian peralatan yang dibutuhkan, penyediaan air bersih, membuat dapur umum untuk menyediakan makanan bagi para korban.

PMI, terang dia, telah menyediakan air bersih sebanyak 10 tanki. Sebagian berasal dari sekitar Aceh, Padang, juga dari Jawa. "Nanti akan dilihat pos mana saja yang paling dibutuhkan. Air bersih juga menjadi salah satu kebutuhan dasar yang paling penting," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement