Senin 12 Dec 2016 22:19 WIB

Uang Rupiah Ternyata Juga Laku di Luar Negeri

Jamaah Indonesia ketika berbelanja di toko Ali Murah kompleks Pasar Balad, Jeddah. Karena banyaknya pembeli asal Indonesia, transaksi di Pasar Balad bisa menggunakan uang rupiah
Foto:

Hanya saja, ia mencatat, uang di Arab Saudi jumlah nominalnya kecil dan berbeda dengan Indonesia yang nilainya ribuan. Kondisi itu yang dianggapnya menimbulkan penilaian bahwa uang rupiah 'tidak berharga' di negeri orang. Agus berharap, pemerintah, dalam hal ini Bank Indonesia (BI) untuk bisa mencarikan solusi supaya rupiah terkesan bisa bernilai sama dengan mata uang di luar negeri.

Peredaran uang rupiah juga berlaku di tempat tertentu di Bangkok, Thailand. Pekerja swasta di Surabaya, Fiqih Arfani sudah membuktikannya ketika mengunjungi Pasar Wat Arun, Bangkok, Thailand pada tahun lalu.

Sebelum berangkat bersama rombongan, ia benar-benar tidak tahu kalau salah satu tempat tujuan wisatanya tersebut sangat familiar dengan orang Indonesia. Selain pedagangnya bisa berbahasa Indonesia, kata dia, mereka juga menerima uang rupiah kalau stok baht yang dibawa sudah habis.

Fiqih yang memang mencari kaus, beragam souvenir dan aksesoris lainnya untuk oleh-oleh, akhirnya tertarik untuk berbelanja dalam stok banyak, lantaran harga jualnya juga bisa ditawar.

"Saya bayar rupiah, gara-gara kehabisan duit Thailand. Tinggal di kurs sama pedagang. Ya risikonya kurs lebih mahal dari harga normal, tapi enggak apa apa yang penting bisa pakai rupiah, hee," kata Fiqih.

Dia mengatakan, tidak menyangka uang rupiah ternyata laku di luar negeri. Fiqih tidak habis pikir, bagaimana bisa rupiah yang katanya nilainya rendah, faktanya diterima pedagang di Thailand. Dia membayangkan, andai saja nilai tukar rupiah tidak seterpuruk sekarang, tentu uang rupiah pasti diterima pedagang-pedagang di negera yang ramai dikunjungi turis Indonesia.

"Ini tentu sangat menguntungkan karena tawar-menawar tidak perlu bingung," kata Faqih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement