Senin 12 Dec 2016 13:09 WIB

IMM Malang Raya Himpun Belasan Juta Rupiah untuk Dana Kemanusiaan

Rep: Christiyaningsih/ Red: Agus Yulianto
Logo Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)
Logo Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Menanggapi sejumlah bencana alam dan tragedi kemanusiaan yang tengah melanda Indonesia dan sejumlah negara tetangga, 22 Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Univeritas se-Malang Raya (UM, UB, UMM, UIN, IKIP Budi Utomo dan Unikama) secara serempak turun ke jalan menggalang dana di sejumlah titik keramaian di Kota Malang, Ahad (11/12). Aksi tersebut berhasil mengumpulkan belasan juta rupiah dalam beberapa jam saja.  

Mereka tersebar antara lain di Alun-Alun Kota Malang, Perlimaan Institut Teknologi Nasional (ITN), Pertigaan Dinoyo, Masjid Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Car Free Day Ijen, serta sejumlah titik keramaian Kota Malang lainnya.

"Serangkaian aksi kemanusiaan yang di lakukan seluruh anggota IMM Cabang Malang Raya ini, kami lakukan sebagai bentuk respons IMM Malang Raya terhadap bencana kemanusiaan yang terjadi beberapa waktu belakangan, seperti upaya pemusnahan masal terhadap etnis Rohingnya di Myanmar, bencana  banjir di Lamongan dan Bojonegoro, serta bencana gempa bumi yang baru saja terjadi Aceh,” papar Ketua Umum Pimpinan Cabang (PC) IMM Malang Raya, Zul Fahmi dalam keterangan yang diterima Republika, Senin (12/12).

Aksi yang dimobilisasi Pimpinan Cabang IMM Malang Raya ini dimulai sejak pagi hingga siang hari mampu mengumpulkan dana sebesar Rp 15,16 juta. Nantinya, uang yang terkumpul akan disalurkan melalui Lembaga Amil dan Zakat Muhammadiyah (Lazizmu) Nasional untuk kemudian didistribusikan kepada beberapa daerah yang terkena dampak bencana. Selain penggalangan dana, aksi ini juga diisi dengan orasi-orasi singkat oleh kordinator lapangan dan perwakilan kader IMM.

Ketua Bidang Sosial Pemberdayaan Masyarakat (SPM) PC IMM Malang Raya, Zul Aslan juga menjelaskan, bahwa aksi tersebut merupakan wujud konkrit pengejawantahan peran mahasiswa di tengah masyarakat. Aksi itu sekaligus menegaskan bahwa mahasiswa sudah saatnya melakukan aksi nyata untuk kebermanfaatan masyarakat.

Melalui tagar #SaveAceh dan #SaveRohingya, fungsionaris PC IMM Malang dan sejumlah kader IMM Malang lainnya juga meramaikan jagat maya dengan foto laporan langsung aksi penggalangan dana yang kemudian diunggah di beberapa media sosial.

“IMM Cabang Malang Raya mengucapkan terima kasih banyak atas respon positif terhadap aksi kemanusiaan yang kami lakukan serta mengajak seluruh lapisan masyarakat Malang Raya untuk bersatu padu menuntaskan masalah kemanusiaan,” ujar Aslan.

Secara terbuka, Aslan juga mengundang seluruh elemen masyarakat Malang Raya untuk hadir pada aksi lanjutan berupa konser amal yang di gelar di Sengkaling Kuliner UMM, Rabu (14/12), mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement