Rabu 07 Dec 2016 11:34 WIB

Baznas Kirim Tim Tanggap Bencana ke Aceh

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ilham
Bangunan yang roboh saat gempa melanda Aceh, Rabu (7/12)
Foto: Istimewa
Bangunan yang roboh saat gempa melanda Aceh, Rabu (7/12)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengirim satu tim tanggap bencana untuk membantu korban gempa di Aceh pada Rabu (7/12), pagi. Tim yang diberangkatkan di antaranya tim rescue dan tim medis.

"Baznas merespon cepat bencana gempa bumi di Aceh dan segera melakukan proses evakuasi di wilayah terparah serta melayani kebutuhan medis di wilayah itu," kata Direktur Amil Zakat Nasional, Arifin Purwakananta kepada Republika.co.id, Rabu (7/12).

Ia mengatakan, Baznas sudah berkoordinasi dengan Baitulmal Aceh dan pemerintah daerah setempat untuk kesiapan aksi di lokasi bencana. Pihaknya juga telah melakukan kontak dengan Wali Kota Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal untuk berkoordinasi dan bekerja sama mempercepat respon bantuan.

Sebelumnya, gempa bumi melanda Aceh pada Rabu (7/12), pagi. Gempa tersebut dirasakan kuat di Pidie Jaya, sehingga mengakibatkan beberapa rumah roboh. Berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa bumi terjadi pukul 05.03 WIB dengan kekuatan 6,5 skala richter. Pusat gempa bumi terletak di 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 kilometer arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.

Data sementara, ada sebanyak 20 orang korban meninggal. Jumlah itu diperkirakan masih akan bertambah. Informasi pastinya masih belum bisa dijabarkan mengingat kondisi di lokasi jumlah korban yang terus berdatangan.

Diperkirakan jumlah korban yang luka-luka bisa mencapai puluhan orang lagi. Karena banyaknya korban yang dibawa dari tiap-tiap desa hasil evakuasi dari reruntuhan bangunan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement