Jumat 02 Dec 2016 10:15 WIB

OASE dan BPJS Kesehatan Kembali Gelar Pemeriksaan IVA di Komunitas Pasar

Iriana Joko Widodo saat meninjau pemeriksaan IVA dan Papsmear di Pasar Lubuk Biaya Kota Padang
Foto:

Hingga Oktober 2016, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan instansi pemerintah dan pihak lainnya telah melakukan pemeriksaan IVA kepada 95.803 peserta JKN-KIS, serta pemeriksaan papsmear terhadap 144.353 peserta.

Khusus di wilayah kerja Divisi Regional II BPJS Kesehatan, hingga Oktober 2016, pemeriksaan IVA telah dilakukan kepada 5.443 peserta JKN-KIS. Sementara untuk pemeriksaan papsmear dilakukan kepada 6.886 JKN-KIS.

Keseriusan pemerintah dalam menekan angka penderita kanker serviks di Indonesia dibuktikan dengan dicanangkannya Gerakan Nasional Deteksi Dini Kanker pada Perempuan yang dirilis tahun lalu.

Pada 21 April 2015 silam, gerakan tersebut dilakukan secara serentak di sejumlah puskesmas yang tersebar di seluruh Indonesia, antara lain meliputi Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan DKI Jakarta.

Tak hanya itu, pada 29 Juli 2016, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan OASE, Kementerian Kesehatan dan BKKBN melaksanakan kegiatan Pencanangan Gerakan Promotif Preventif dengan Pemeriksaan IVA dan Papsmear serentak di seluruh Indonesia, tepatnya di 1.558 titik pelayanan pemeriksaan IVA dan Papsmear.

Kegiatan itu pun sukses menyabet Rekor MURI sebagai Penyelenggaraan Program Pemeriksaan IVA dan Papsmear Terbanyak Serentak di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement