Rabu 30 Nov 2016 16:44 WIB

Kecelakaan Pesawat Paling Banyak 2016 dalam 10 Tahun Terakhir

Petugas Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengidentifikasi bangkai pesawat Cessna yang jatuh di areal persawahan desa Banjar Wangunan, Mundu, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (31/8).
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Petugas Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengidentifikasi bangkai pesawat Cessna yang jatuh di areal persawahan desa Banjar Wangunan, Mundu, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (31/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kecelakaan penerbangan atau moda udara paling banyak terjadi dibandingkan dengan moda transportasi lainnya, berdasarkan data Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi Soerjanto Tjahjono dalam konferensi pers "Media Rilis Akhir Tahun 2016" di Jakarta mengatakan hingga saat ini sudah tercatat 41 kecelakaan yang diinvestigasi dibanding dengan 2015, yaitu 28 kecelakaan.

"Untuk hasil investigasi di 2016 ini terjadi peningkatan jumlah kecelakaan moda udara sudah 41 kecelakaan," katanya, Rabu (30/11).

Menurut data investigasi kecelakaan penerbangan KNKT, jumlah kecelakaan tahun ini merupakan terbanyak dalam kurun waktu 10 tahun terakhir sejak 2010. Sebanyak 41 kecelakaan tersebut, 15 di antaranya adalah kecelakaan disertai dengan kerugian (accident) dan 26 lainnya yaitu kecelakaan tidak menimbulkan kerugian, namun merupakan kejadian yang sangat serius (serious incident).

Akibat dari kecelakaan tersebut, lima di antaranya korban meninggal dan 57 luka-luka. Soerjanto mengatakan pihaknya juga telah menerbitkan 12 rekomendasi sebagai tindak lanjut dari investigasi kecelakaan penerbangan tersebut.

Berdasarkan lokasi kejadian, dia menyebutkan kecelakaan paling banyak terjadi di Pulau Jawa dan Papua. Dia menuturkan faktor penyebab kecelakaan di Papua, yaitu karena perawatan infrastruktur yang dinilai belum optimal, misalnya airstrip.

"Terutama masalah airstrip yang saat ini memang belum sepenuhnya dikontrol oleh Pemerintah. Saya sudah minta kepada Dirjen Perhubungan Udara untuk memperhatikan ini," katanya.

Selain itu, lanjut dia, perawatan dasar airstrip juga harus diperhatikan, seperti sistem resapan air (drainase), pengarah angin (wind sock) dan lainnya. "Paling tidak rumputnya dipotong, kondisi yang minimal ini harus dipenuhi karena moda ini dibutuhkan oleh teman-teman di Papua," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Subkomite Kecelakaan Udara KNKT Kapten Nur Cahyo Utomo mengatakan faktor penyebab kecelakaan penerbangan paling banyak karena faktor manusia yaitu sebanyak 67,12 persen, teknis 15,75 persen, lingkungan 12,33 persen dan fasilitas 4,79 persen.

"Untuk jenis kejadian yang telah diinvestigasi paling banyak itu tergelincirnya pesawat di landasan pacu atau runway incursion sebanyak 40,09 persen," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement