Rabu 30 Nov 2016 14:12 WIB

Agus Ingin Ciliwung Bisa Jadi Solusi Kemacetan Jakarta

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Angga Indrawan
Calon gubernur DKI Agus Harimurti Yudhoyono melanjutkan kampanyenya dengan menyusuri Sungai Ciliwung pada Rabu, (30/11).
Foto: Dadang Kurnia/Republika
Calon gubernur DKI Agus Harimurti Yudhoyono melanjutkan kampanyenya dengan menyusuri Sungai Ciliwung pada Rabu, (30/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon gubernur DKI Agus Harimurti Yudhoyono ingin mengembangkan moda transportasi lintas air di Jakarta dengan memanfaatkan Kali Ciliwung. Menurutnya, pengembangan moda transportasi lintas air tersebut bisa menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan di Jakarta.

"Saya ingin mengembangkan moda transportasi lintas air. Ini salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan di Jakarta," kata Agus setelah menyusuri Kali Ciliwung di Bidakara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (30/11).

Agus meyakini, jika semua itu bisa dijalankan, banyak masyarakat Jakarta yang lebih memilih melewati aliran sungai untuk bepergian. Terlebih, perjalanan dengan melewati sungai, sekaligus bisa menjadi hiburan tersendiri untuk menikmati pemandangan yang berjajar sepanjang sungai tersebut.

"Lebih baik naik perahu sambil menikmati alam sungai. Apalagi kalau bersih semuanya, semakin cantik lagi dan sejuk," terang Agus.

Agus menambahkan, keinginannya untuk memanfaatkan Kali Ciliwung sebagai solusi kemacetan, juga sejalan dengan salah satu programnya, yakni menjadikan Jakarta sebagai smart green city. Artinya, memperbaiki Ciliwung itu tidak hanya dilakukan revitalisasi, tapi juga tetap membiarkannya menjad sungai yang asri sehingga membuatnya menimbulkan daya tarik tersediri bagi masyarakat Jakarta dan juga wisatawan.

"Sesuai dengan program yamg kami usung adalah smart green city, yakni untuk membangun Jakarta ini menjadi kota pintar yang ramah lingkungan," ucap Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement