Rabu 30 Nov 2016 10:28 WIB

AMIK BSI Purwokerto Berikan Penyuluhan Pendidikan Bagi Ibu Rumah Tangga

AMIK BSI Purwokerto memberikan penyuluhan pendidikan kepada para ibu rumah tangga di  Pegalogan, Banyumas, Jawa Tengah.
Foto: Dok BSI
AMIK BSI Purwokerto memberikan penyuluhan pendidikan kepada para ibu rumah tangga di Pegalogan, Banyumas, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pusat Pelatihan dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) AMIK BSI Purwokerto bekerja sama dengan Senat Mahasiswa (Sema) AMIK BSI Purwokerto mengadakan kegiatan penyuluhan pendidikan dan bakti sosial di Desa Pegalongan Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (23/11/2016).

Dalam kegiatan yang diperuntukkan bagi masyarakat Dusun Cunil Desa Pegalongan terutama ibu rumah tangga ini, PPPM AMIK BSI memberikan penyuluhan dan pemahaman pentingnya pendidikan. Hal itu  karena merupakan salah satu faktor penting bagi pertumbuhan kesejahteraan dan perekonomian di suatu daerah atau desa. Proses tersebut diawali dari pendidikan di rumah yang sebagian besar dilakukan oleh para ibu.

Sebagai perguruan tinggi yang wajib melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, AMIK BSI Purwokerto dibantu oleh Senat Mahasiswa AMIK BSI Purwokerto dan tokoh masyarakat setempat melakukan penyuluhan pendidikan kepada ratusan ibu rumah tangga serta pembagian sembako gratis bagi keluarga yang kurang mampu.

Selain itu, penyuluhan pendidikan juga dilakukan terhadap anak-anak usia sekolah dasar. Penyuluhan pendidikan berupa pengenalan teknologi, seperti pengenalan pengoperasian personal komputer dan Microsoft Word itu diikuti oleh para siswa kelas 4 dan 5 SDN 1 Pegalongan.

Siswa diberikan pemahaman manfaat  Microsoft Word, serta cara mengoperasikan Microsoft Word. Dimulai dari tahap pemahaman dasar, membuat dan mengolah kalimat hingga tampil menarik. Sehingga,  siswa dapat merasakan manfaat positif dari perkembangan teknologi yang dapat memudahkan pekerjaan.

“Ini merupakan kegiatan rutin setiap semester yang dilakukan PPPM AMIK BSI Purwokerto untuk melakukan pengabdian masyarakat yang kegiatannya variatif. Seperti, penyuluhan pendidikan, desa binaan hingga bakti sosial,”  kata koordinator pelaksana kegiatan Afit Muhammad Lukman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement