Sabtu 26 Nov 2016 19:36 WIB

KRB Sumbang 10 Ribu Bibit Tanaman Langka untuk DAS Ciliwung

Rep: Santi Sopia/ Red: Andi Nur Aminah
Bibit Tanaman
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Bibit Tanaman

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Menyambut Hari Menanam Pohon Nasional dan dua abad usianya, PKT Kebun Raya Bogor (KRB) LIPI menyumbangkan 10 ribu bibit tanaman langka dan berpotensi ekonomi kepada masyarakat dan berbagai kelompok tani di sekitar DAS Ciliwung. Empat ribu bibit diberikan kepada kelompok-kelompok tani di sekitar DAS Ciliwung, sedangkan enam ribu bibit lainnya akan disumbangkan kepada pengunjung Kebun Raya Bogor yang membutuhkan.

Kepala PKT Kebun Raya LIPI, Didik Widyatmoko mengatakan KRB sebagai lembaga konservasi ex-situ tumbuhan di Indonesia memiliki tanggung jawab tidak hanya dalam sumbangsih pemikirin tapi juga aksi nyata dalam upaya menurunkan angka degradasi lahan dengan upaya rehabilitasi lahan-lahan kritis atau terdegradasi, khususnya di kawasan DAS Ciliwung.

Tujuan dari pembagian bibit-bibit ini, kata Didik, adalah untuk membantu pihak-pihak terkait dalam merehabilitasi lahan terdegradasi di bagian hulu DAS Ciliwung dan juga kawasan Bogor.

"Untuk menciptakan areal konservasi jenis tanaman berpotensi ekonomi ataupun langka di DAS Ciliwung, serta menyosialisasikan Hari Menanam Pohon Nasional dan Bulan Menanam Pohon Nasional kepada masyarakat umum," kata Didik ketika membuka event Orchid Planting sekaligus acara memperingati Hari Menanam Nasional di Lapangan Griya Anggrek KRB, Sabtu (26/11).

Menurut Didik, jadi masyarakat juga dapat berkontribusi melakukan penanaman di rumah masing-masing, dengan tanaman-tanaman dari KRB. Didik menambahkan, selain penyerahan secara simbolis, bibit-bibit tersebut juga akan diantarkan oleh pihak kebun raya ke lokasi-lokasi tanam yang telah disepakati pada bulan Desember ini.

DAS Ciliwung memiliki panjang sungai utama kurang lebih 117 km yang melewati Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok dan Provinsi DKI Jakarta. Kawasan DAS Ciliwung terbagi atas tiga bagian yaitu bagian hulu, bagian tengah dan bagian hilir.

Pada bagian tengah DAS Ciliwung melintas di dalam kawasan Kebun Raya dengan kondisi selisih debit air yang berbeda jauh pada musim hujan dengan musim kemarau dan tingginya sedimen yang terlarut di dalam aliran sungai. Hal ini disebut semakin mengukuhkan peran Kebun Raya untuk berkontribusi dalam kegiatan penghijauan pada bagian hulu DAS Ciliwung. Kegiatan pembagian 10 ribu bibit tanaman menjadi salah satu acara dalam rangkaian kegiatan menuju dua abad Kebun Raya Bogor.

Acara penyerahan bibit tanaman ini dirangkaikan bersama dalam calender of event 2016 Kebun Raya Bogor, yang bulan November ini bertemakan Orchid Planting.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement