Kamis 24 Nov 2016 08:23 WIB

1.000 Kilometer Jalan di Kabupaten di Sukabumi Masih Rusak

Rep: Riga Iman/ Red: Angga Indrawan
Jalan rusak, ilustrasi
Jalan rusak, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemkab Sukabumi berupaya memperbaiki sekitar seribu kilometer jalan kabupaten yang mengalami kerusakan. Keberadaan jalan rusak tersebut tersebar merata di 47 kecamatan di Sukabumi.

"Kami berkomitmen untuk memperbaikinya secara bertahap," kata Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono kepada Republika Kamis (24/11).

Terutama melalui proses perencanaan dan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.Data yang dihimpun kata Adjo, jalan kabupaten yang rusak mencapai sekitar 60 persen. Total jalan kabupaten yang ada di Sukabumi mencapai 1.730 kilometer.

Diakui Adjo, upaya perbaikan jalan ini terbentur masalah terbatasnya anggaran pemerintah. Di mana, setiap tahunnya pemerintah hanya mampu memperbaiki puluhan kilometer jalan yang rusak.

Upaya perbaikan jalan ini misalnya telah dilakukan di jalan utama yang padat kendaraan di Kecamatan Cidahu. Sementara contoh jalan kabupaten yang rusak yang memerlukan perhatian misalnya terdapat di jalan penghubung antara Curugkembar dan Cidadap.

Menurut Adjo, upaya perbaikan jalan dilakukan berdasarkan skala prioritas. Namun, secara bertahap pemerintah berupaya melakukan perbaikan jalan dan jembatan. Di sisi lain terang Adjo, setiap tahun sarana jalan maupun jembatan yang rusak terkena bencana juga banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement