Sabtu 12 Nov 2016 02:12 WIB

Kepemimpinan Jokowi di Mata Orang Baduy

Pemuda-pemuda Baduy Dalam duduk-duduk di teras sebuah rumah di Ciboleger (Foto: Yogi Ardhi)
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Pemuda-pemuda Baduy Dalam duduk-duduk di teras sebuah rumah di Ciboleger (Foto: Yogi Ardhi)

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Tokoh Adat Baduy Dalam, Jaro Tanggtu Ayah Mursid (50), memiliki pandang tentang kepemimpinan Preside Joko Widodo. Ayah menilai dua tahun kepemimpinan Presiden Jokowi berhasil membangun Indonesia.

''Sampai saat ini tidak ditemukan masyarakat Indonesia kelaparan maupun kesulitan untuk mendapatkan pangan,'' kata Ayah Mursid saat ditemui di kawasan Baduy pedalaman Kabupaten Lebak, Banten, Jumat.

Selama ini, pemerintahan Jokowi cukup bagus, terutama bidang ekonomi,kesejahteraan dan keamanan.

Sebab, keberhasilan itu dinikmati oleh masyarakat Baduy yang berjumlah 11.600 jiwa.

Saat ini, kawasan masyarakat Baduy produksi pangan dari hasil budidaya pertanian ladang melimpah. Bahkan, pemerintah juga menyalurkan beras untuk masyarakat sejahtera atau rastra.

Penyaluran beras rastra tersebut rutin dilaksanakan setiap sebulan sekali dengan harga relatif murah dan terjangkau. Karena itu, hingga kini masyarakat Baduy persedian bahan pokok melimpah dan tidak ada masalah.

"Kami menjamin warga Baduy memenuhi kebutuhan pangan dan tidak terjadi kelaparan," katanya.

Menurut Ayah, kebijakan Jokowi bidang ekonomi juga cukup bagus karena kerajinan produk Baduy cukup menggeliat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Saat ini, produksi kerajinan Baduy banyak diminati oleh pasar, seperti tenun, aneka souvenir, tas koja, batik, gula aren, madu hutan dan golok. Kerajinan masyarakat Baduy itu, kata dia, berkembang pesat karena permintaan cenderung meningkat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement