Jumat 04 Nov 2016 13:45 WIB

Usai Sholat Jumat Semakin Banyak Demonstran Ikut Aksi Bela Islam

Rep: Fuji E Permana/ Red: Bayu Hermawan
Sejumlah massa berdoa bersama seusai melaksanakan Shalat Jumat saat aksi di Bundaran Patung Kuda, Jakarta, Jumat (4/11). (Republika/Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Sejumlah massa berdoa bersama seusai melaksanakan Shalat Jumat saat aksi di Bundaran Patung Kuda, Jakarta, Jumat (4/11). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puluhan ribu massa dari berbagai Ormas Islam sudah bergerak menuju Masjid Istiqlal, Balai Kota DKI Jakarta dan Istana Merdeka. Usai sholat Jumat (4/11) massa yang bergerak untuk berunjuk rasa semakin banyak.

Dari pantauan Republika.co.id, usai Sholat Jumat sejumlah mini bus yang ditumpangi massa pengunjukrasa melewati Jalan KS Tubun Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Bus-bus tersebut juga diikuti para pengendara sepeda motor yang hendak melakukan aksi demonstrasi untuk menuntut pemerintah melakukan tindakan hukum atas dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahja Purnama (Ahok).

Para pengunjuk rasa yang mengendarai sepeda motor terus berduyun-duyun melewati Jalan KS Tubun Raya. Sebelumnya, sejak Jumat (4/11) dini hari hingga siang ini, ribuan massa yang tergabung dalam Front Pembela Islam (FPI) juga sudah berangkat untuk berunjukrasa dari Markas FPI di Jalan Petamburan III, Tanah Abang.

Salah seoran peserta aksi "Bela Islam", Agung mengatakan sejak tadi malam ratusan massa dari berbagai daerah datang ke DPP FPI di Jalan Petamburan. Kemudian, secara berangsur-angsur mereka berangkat ke Masjid Istiqlal.

"Ratusan massa datang sejak malam, mereka berangkat, terus datang lagi yang lain kemudian berangkat lagi, terus saja seperti itu sejak tadi malam (dini hari)," katanya.

Puluhan ribu massa dari berbagai ormas Islam lainnya banyak yang bergerak setelah Sholat Jumat. Pulihan ribu warga Muhammadiyah pun mulai bergerak usai Sholat Jumat.

Sekeretaris Pimpinam Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, Pedri Kasman mengatakan, jumlah warga Muhammadiyah yang akan berunjuk rasa lebih dari 10 ribu orang. Massa tersebut datang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Massa juga datang dari Jakarta dan sekitarnya.

"Insya Allah warga Muhammadiyah hari ini turun aksi, jumlah massa lebih dari 10 ribu orang," kata Pedri.

Ribuan ribu massa tersebut akan berangkat dari Sekretariat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta di Jalan Kramat Raya. Dikatakan dia, ribuan massa juga berangkat dari Menteng Raya 62.

Massa akan melakukan long march dari PWM DKI Jakarta melalui Tugu Tani, kemudian ke balai kota dan istana. Setelah massa dari berbagai daerah dan ormas bergabung. Diperkirakan jumlahnya mencapai ratusan ribu orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement