Rabu 26 Oct 2016 17:54 WIB

TPST Bantargebang Dipasangi Kamera Pengawas

Truk sampah (ilustrasi)
Foto: Antara
Truk sampah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Kebersihan DKI Jakarta memasang kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi.

"CCTV itu dipasang di jembatan timbang masuk dan di jembatan timbang keluar, sehingga lalu linas truk sampah di jembatan timbang bisa dipantau secara real time," kata Kepala Unit Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (UPST) Dinas Kebersihan DKI Asep Kuswanto, Rabu (26/10).

Menurut dia, dari data statistik kumulatif perhitungan secara real time dan jumlah truk yang dilayani per hari, maka pihaknya dapat menerapkan sistem antisipasi untuk mencegah antrian yang panjang di TPST Bantargebang. Lebih lanjut, sambung dia, melalui sistem teknologi yang diterapkan, maka jumlah truk menuju TPST Bantargebang dalam radius 1 hingga 10 km dan rata-rata waktu tinggal (dwelling time) truk sampah di TPST Bantargebang dapat dideteksi.

"Data statistik kumulatif itu yang kami gunakan untuk melakukan pengawasan dan mengambil langkah taktis untuk menghindari antrian truk sampah di TPST Bantargebang," ujar Asep.

Dia menuturkan apabila antrian kendaraan sudah berlebih di dalam areal TPST dan menuju TPST, maka pihaknya akan melaporkan melalui Command Center Dinas Kebersihan kepada Suku Dinas dan Seksi Kecamatan Kebersihan untuk mengirimkan truk pada shift berikutnya.

Dia mengungkapkan Command Center adalah pusat kendali sistem pengelolaan sampah di Jakarta yang dikelola oleh Dinas Kebersihan. Pusat kendali itu juga dapat memantau keadaan antrian di TPST Bantargebang secara real time.

"Jadi, bisa diperkirakan truk yang akan diberangkatkan ke TPST Bantargebang sesuai kuota masing-masing. Sedangkan UPST selaku pengelola TPST Bantargebang bisa mempersiapkan kelancaran pembuangan sampah," ungkap Asep.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement