Rabu 19 Oct 2016 18:27 WIB

Gedung Wayang Orang Surakarta Direnovasi

Rep: Andrian Saputra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pementasan wayang orang Airlangga Sumbaga Wiratama’
Foto: IST
Pementasan wayang orang Airlangga Sumbaga Wiratama’

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Pecinta kesenian wayang orang di Surakarta dapat bergembira. Sebab dalam waktu dekat Pemerintah Kota Surakarta akan melakukan renovasi besar-besaran gedung pertunjukan wayang orang yang terdapat di Taman Sriwedari, Surakarta.

Kepala Dinas Tata Ruang Kota Surakarta, Agus Djoko Witiarso mengatakan Pemkot Surakarta telah menyiapkan dana untuk renovasi gedung tersebut. Ia mengatakan perkiraan maksimal dana renovasi gedung wayang orang itu sebanyak Rp 40 miliar.

“Masih di tempat lama, di lahan 15000 meter per segi itu nanti konsepnya bukan untuk bangunannya saja tapi juga penataan taman,” tutur Agus pada Rabu (19/10) siang.

Ia menjelaskan setelah direnovasi gedung tersebut diperkirakan akan dapat menampung sekitar 500 penonton. Kendati demikian gedung tersebut kemungkinan tak dapat digunakan untuk pagelaran wayang orang berskala besar.

Menurutnya jika jumlah penonton mencapai ribuan, pertunjukan wayang orang dapat dilaksanakan di Convention Hall. Lebih lanjut ia menjelaskan hal yang menarik dari gedung wayang orang yang baru nantinya yakni penggunakan teknologi modern baik pencahayaan maupun disain panggung.

Menurutnya hal tersebut guna memberikan suguhan penampilan wayang orang yang lebih berkualitas. “Sehingga pertunjukan wayang orang nantinya lebih bagus lagi, dengan menggunakan IT dari sisi lightingnya itu menjadi lebih bagus,” tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement