Selasa 18 Oct 2016 23:27 WIB

Mendes Tegaskan Komitmen Pemerintah Bangun Desa

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo
Foto: Musiron/Republika
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG TIMUR -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menegaskan kembali komitmen pemerintah membangun Indonesia dari pinggiran. Artinya, pembangunan harus dimulai dari desa.

"Presiden Jokowi sangat konsen untuk membangun desa, beliau ingin membangun Indonesia dari pinggiran yakni dari desa," ujar Eko Putro Sandjojo, di Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, Selasa (18/10).

Mendes PDT itu menyatakan Presiden Jokowi telah meminta 17 kementerian untuk membantu kementeriannya memajukan potensi yang ada di desa seluruh Indonesia termasuk keterlibatan pihak swasta. "Perhatian pemerintah terhadap desa salah satunya dengan diterbitkan Permendes PDT tahun 2015 tentang Badan Usaha Milik Desa, dan juga adanya alokasi dana desa yang jumlahnya terus bertambah setiap tahun," katanya lagi.

Eko menyatakan bahwa dana desa tersebut diharapkan bisa membangun desa baik itu pembangunan infrastruktur maupun pembangunan ekonomi, sehingga mampu menyerap tenaga kerja dari desa sekitar agar bisa tumbuh dan maju. Kunjungan Menteri Desa PDT di Kabupaten Lampung Timur dalam rangka meresmikan badan usaha milik desa (BUMDes) dan Agen Negeri Jaya 46 serta menyaksikan Penandatanganan Program Kerja Sama antara BNI Dengan PT CPP, PT GGLC, dan PT Vasham serta Bantuan Bina Lingkungan BNI.

Dalam kunjunganya di Lampung Timur ini, Menteri Eko didampingi Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto, Sekda Provinsi Lampung Sutono, dan disambut oleh Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari, Kapolres Lampung Timur AKBP Harseno, beserta sejumlah pejabat terkait di kabupaten ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement