Selasa 18 Oct 2016 15:48 WIB

Pemprov NTB Gelar Festival Pesona Gili Indah 2016

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Andi Nur Aminah
Kadisbudpar NTB Lalu Moh Faozal (kanan) memaparkan ragam acara menarik yang akan digelar di ajang  Festival Pesona Gili Indah 2016.
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Kadisbudpar NTB Lalu Moh Faozal (kanan) memaparkan ragam acara menarik yang akan digelar di ajang Festival Pesona Gili Indah 2016.

REPUBLIKA.CO.ID,  MATARAM -- Tak salah menjadikan Pulau Lombok sebagai salah satu tujuan favorit wisata. Beragam event menarik terus digelar demi memanjakan para wisatawan.

Dalam waktu dekat, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menyelenggarakan Festival Pesona Gili Indah 2016 di kawasan tiga Gili yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, di Kabupaten Lombok Utara pada Sabtu (5/11) dan Ahad (6/11). Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB Lalu Muhammad Faozal mengatakan, festival ini merupakan event tahunan sejak 2011 yang sebelumnya diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara dengan nama Gili Begawe.

"Gili Begawe yang kini berevolusi menjadi Festival Pesona Gili Indah terus melakukan inovasi dengan melibatkan masyarakat dan pengunjung di tiga gili," katanya dalam jumpa pers di Hotel Golden Tulip, Mataram, Selasa (18/10).

Dalam festival yang mengangkat tema The Fiesta of Joy, Pemprov NTB telah menyiapkan sejumlah acara menarik untuk partisipasi masyarakat. Di antaranya Mural Fiesta, 10K Gili Coast Trail Color Run 2016 yang juga menjadi ajang pemanasan menuju Lombok Maraton 2016, Sail Pass, Gili Art-Mosphere, Tradisional Performance, Music Reggae, Transpalansi Terumbu Karang, Pelepasan Anak Penyu, Forum Diskusi Pariwisata, Pesta Kembang Api, dan Aksi Bersih Pantai.

Dengan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan, ia berharap akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara di daerah itu. Selain itu juga menjadikan kawasan tiga gili di Kabupaten Lombok Utara tersebut menjadi ikon pariwisata dunia. "Sebagai ikon pariwisata dunia, kawasan tiga gili juga terus berbenah dengan memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan," lanjutnya.

Ia memaparkan, peningkatan kesadaran masyarakat akan kebersihan juga menjadi kampanye yang terus kita gaungkan. Salah satunya adalah dengan mural sepanjang 100 meter yang berisi pesan dan ajakan untuk tetap menjaga kebersihan di tiga kawasan gili.

"Selain itu, pada hari terakhir seluruh komunitas dan wisatawan juga akan diajak untuk bersih pantai sebagai wujud kepedulian untuk menjaga lingkungan dan kawasan wisata tetap bersih dan nyaman," katanya menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement