Jumat 14 Oct 2016 22:40 WIB

Kodim Dorong Surakarta Jadi Penghasil Pepaya Terbaik di Jateng

Rep: Andrian Saputra/ Red: Hazliansyah
Pepaya California. Kebun warga ditanami dengan pepaya jenis California
Foto: Republika/ Wihdan
Pepaya California. Kebun warga ditanami dengan pepaya jenis California

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Komando Distrik Militer (Kodim) 0735 Surakarta melakukan penanaman ribuan bibit pepaya california di dusun Negemplak Sutan, Mojosongo, Jebres, Jumat (14/10) siang.

Komandan Kodim 0735 Surakarta, Letkol Ari Prasetya mengatakan, pihaknya menanam sekitar 4.000 bibit pepaya california. Selain untuk memberdayakan masyarakat, diharapkan penanaman bibit pepaya tersebut mendorong Kota Surakarta menjadi salah satu penghasil pepaya terbaik di Jawa Tengah.

“Kami berharap ini bisa dikembangkan, sehingga Surakarta bisa menjadi penghasil pepaya terbaik seperti Boyolali,” tuturnya.

Ia menjelaskan pepaya california sangat cocok ditanam di kawasan tersebut. Dengan perawatan yang relatif mudah, kata dia, pepaya california tak mengenal musim panen. Untuk perawatan nantinya akan melibatkan masyarakat.

“Kami membantu untuk menyediakan pupuknya, nanti kita juga melakukan pendampingan untuk warga. Kalau sudah panen dan dijual keuntungannya bisa untuk masyarakat,” tuturnya.

Sementara Wali Kota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo mengapresiasi penanaman bibit pepaya tersebut. Ia pun mendorong masyarakat agar dapat menjaga dan merawat tanaman pepaya hingga menghasilkan buah dan dapat dijual.

Sementara ia juga meminta TNI agar memfasilitasi penanaman serupa di sepanjang bantaran sungai Bengawan Solo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement