Ahad 09 Oct 2016 21:24 WIB

Bebas Visa Diklaim Dongkrak Jumlah Wisman

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Nur Aini
Australia masuk dalam daftar negara penerima fasilitas bebas visa terbaru yang dikeluarkan pemerintah Indonesia.
Foto: abc
Australia masuk dalam daftar negara penerima fasilitas bebas visa terbaru yang dikeluarkan pemerintah Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID,DENPASAR -- Asisten Departemen Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Vinsensius Jemadi, mengatakan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) naik drastis setelah kebijakan bebas visa bagi 168 negara ditetapkan. Ada empat daerah yang jadi lokasi tujuan utama para wisman.

Menurut Vinsensius, para wisman yang berkunjung mayoritas berasal dari Korea, Cina, India, dan Australia. "Kenaikan kunjungan para wisman asal negara tersebut memang terpantau tinggi berdasarkan laporan kunjungan pada Agustus lalu. Jumlah kunjungan wisman asal India bahkan naik sebanyak 47 persen dari tahun sebelumnya," ujar dia saat dikonfirmasi Republika.co.id, Ahad (9/10).

Persentase kenaikan lain yang tinggi berasal dari kunjungan wisman asal Australia (45 persen) dan Cina (23 persen). Selain keempat negara itu, kunjungan wisman asal Jerman, Inggris, dan Perancis pun terhitung cukup tinggi.

Vinsensius mengatakan, ada empat daerah yang menjadi tujuan utama para turis. Keempatnya yakni Bali, Jakarta, Kepulauan Riau-Bintan-Batam, dan Manado.

Pihaknya optimistis jika kenaikan kunjungan akan terus terjadi pada tahun berikutnya. "Perhitungan kenaikan devisi belum kami evaluasi. Kebijakan ini tetap akan berlanjut," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement