Jumat 07 Oct 2016 19:17 WIB

Festival Karapan Sapi Piala Presiden Digelar 30 Oktober

Joki memacu sepasang sapi saat mengikuti karapan sapi brujul di Wonoasih, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (27/8). (Foto: Yasin Habibi/Repubilika)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Joki memacu sepasang sapi saat mengikuti karapan sapi brujul di Wonoasih, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (27/8). (Foto: Yasin Habibi/Repubilika)

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN – Festival karapan sapi memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI di Pulau Madura, Jawa Timur akan digelar pada 30 Oktober 2016. Menurut Kepala Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan (Bakorwil) IV Pamekasan Azhar, tahapan seleksi pasangan sapi kerap yang hendak dipertandingkan pada festival itu telah dimulai sejak Agustus 2016. “Kami sepakat untuk terus mengurangi secara perlahan-lahan praktik kekerasan pada pelaksanaan festival karapan sapi itu,” kata Azhar, Jumat.

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Sampang ini menjelaskan, seleksi pasangan sapi kerap untuk tingkat eks kawedanan di empat kabupaten di Pulau Madura sudah dimulai sejak 28 Agustus 2016. Di Bangkalan, seleksi pasangan sapi kerap di tingkat eks kawedanan digelar di enam lokasi, yakni di Kecamatan Tanah Merah, Blega, Kecamatan Sepuluh, Socah, lalu di Kecamatan Arosbaya dan di Kecamatan Bangkalan.

Seleksi juga digelar di empat lokasi, yakni di Kecamatan Torjun, Kedungdung, Kecamatan Ketapang dan Kecamatan Kota Sampang. Sementara di Pamekasan, seleksi tingkat eks kawedanan digelar di empat lokasi, yakni di lapangan kerap Kecamatan Waru, Pegantenan, Galis, dan Kecamatan Pamekasan. Di Kabupaten Sumenep, seleksi pasangan sapi kerap untuk tingkat eks kawedanan digelar di enam lokasi, yakni di lapangan kerap Kecamatan Bluto, Nunggunung, Kecamatan Pasongsongan, Batuputih, Guluk-Guluk dan Kecamatan Kota, Sumenep.

Selain karapan sapi, nantinya juga akan digelar festival sapi sonok. Festival sapi sonok adalah kontes kecantikan sapi yang  tujuh hari sebelum festival karapan sapi digelar, yakni pada 23 Oktober 2016 di stadion R Soenarto Hadiwidjojo, Pamekasan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement