Ahad 18 Dec 2022 08:55 WIB

Petugas BPBD Pamekasan Evakuasi Material Longsor di Bukit Ponjuk

Hujan deras di wilayah Pamekasan terjadi selama sekitar empat jam lebih.

Anggota tagana membersihkan puing-puing longsor (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Saiful Bahri
Anggota tagana membersihkan puing-puing longsor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (19/12) malam, mengevakuasi material dari tebing longsor di Bukit Ponjuk akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu. Hujan deras terjadi selama sekitar empat jam lebih.

Akibat kejadian itu, hampir separuh badan jalan provinsi penghubung Kota Pamekasan dengan Kecamatan Waru dan Pasean tertutup material longsor. "Tim BPBD Pamekasan juga terus melakukan penjagaan di lokasi kejadian karena dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan mengingat kondisi tebing terlalu curam dan tidak ada penahan," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pamekasan Budi Cahyono.

Baca Juga

Selain BPBD Pamekasan, sejumlah relawan penanggulangan bencana dibantu TNI dari Kodim 0826 Pamekasan juga terlihat berjaga-jaga di lokasi bencana, mengatur arus lalu lintas secara bergantian yang hendak melintas di lokasi kejadian. Selain longsor pada tebing Bukit Ponjuk di Desa Pamaroh, Kecamatan Kadur, hujan deras disertai angin kencang di Pamekasan, Sabtu (17/12), itu juga mengakibatkan sejumlah rumah warga di Desa Larangan Badung, Kecamatan Palengaan, mengalami kerusakan. "Sebagian tim malam ini juga melakukan asesmen dan mendata jumlah bangunan yang rusak," kata Budi.

Musibah bencana alam di Bukit Ponjuk, Desa Pamaroh, Kecamatan Kadur, Pamekasan, kali ini merupakan yang ketiga selama November hingga 17 Desember 2022. Sebelumnya, sebanyak 11 bangunan yang terdiri atas 10 unit rumah dan satu BUMDes di Pamekasan, rusak akibat diterjang angin kencang pada Kamis (15/12/2022).

Pada November 2022, sebanyak 33 rumah dan 12 tempat usaha rusak akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Proppo, Pamekasan. Banyak pohon tumbang dan aliran listrik juga padam akibat kejadian tersebut.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement