Kamis 06 Oct 2016 21:04 WIB

Hijrah Pengelolaan Zakat

Pembayaran zakat di Baznas
Foto: Prayogi/Republika
Pembayaran zakat di Baznas

REPUBLIKA.CO.ID,Oleh Randi Swandaru (Amil BAZNAS RI)

Tahun baru Islam 1438 H ini sejatinya juga menjadi momentum hijrah dalam pengelolaan zakat secara nasional. Tantangan yang dihadapi umat saat ini seperti kemiskinan, pemerataan pendidikan, akses terhadap pekerjaan dan bencana alam yang kerap melanda tanah air hendaknya menjadi pendorong hijrahnya pengelolaan zakat secara nasional. 

Lingkup perubahan (hijrah) pengelolaan zakat secara nasional setidaknya melingkupi tiga hal yaitu pengelolaan zakat yang terintegrasi oleh amil zakat, pengelolaan zakat yang modern dengan inovasi teknologi dan sinergi padu di antara organisasi pengelola zakat di Indonesia.

Aspek hijrah pertama dalam pengelolaan zakat adalah upaya beralih dari pemberian zakat secara langsung menuju pengelolaan zakat yang terintegrasi dan dilakukan amil zakat. Upaya pengumpulan zakat dan penyalurannya hendaknya kini perlu didorong untuk terus dilakukan oleh amil zakat, tidak lagi dilakukan secara langsung kepada mustahik karena beberapa hal. Pertama, pengelolaan zakat oleh amil akan mendorong terkumpulnya dana (pool of funds) yang cukup untuk mendanai berbagi program pengentasan kemiskinan, pendanaan beasiswa, pemberian akses kesehatan gratis, dan berbagai pelatihan wirausaha. 

Jika zakat masih diberikan secara langsung kepada mustahik maka upaya untuk menaikkan derajat mustahik tersebut akan cenderung parsial, temporer dan tidak merata. Kedua, pemberian zakat langsung kepada mustahik dapat menghindakan muzaki dari sifat riya dan ujub. Di sisi lain, pengelolaan zakat oleh amil dapat menjaga perasaan mustahik dari rasa hina dan malu. 

Ketiga, pengelolaan zakat oleh amil memungkinkan terjadinya pemerataan penyebaran dana zakat. Dengan intrumen dan jaringan yang lebih mumpuni amil zakat dapat menjangkau daerah terluar dan terpelosok di tanah air. Tidak demikian halnya jika kita menyalurkan zakat secara langsung

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement