Selasa 04 Oct 2016 19:35 WIB

Anton Akui Terinspirasi Kopi Sianida Jessica

Red: Ilham
Kasatreskrim Depok Kompol Teguh Nugroho
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Kasatreskrim Depok Kompol Teguh Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasat Reskrim Polresta Depok, Kompol Teguh Nugroho mengatakan, pemimpin Padepokan Satria Aji, Anton Hardianto alias Aji (34 tahun), membunuh dua pengikutnya menggunakan racun sianida. Anton mengaku tersinspirasi kasus pembunuhan yang diduga dilakukan Jessica Kumala Wongso.

Menurut Teguh, pelaku membohongi korban dengan mengatakan minuman tersebut adalah jamu untuk sehat. Tidak sampai satu menit berselang, kedua korban langsung terkapar. "Dituangin sianida ke gelas korban itu. Cepat minum katanya. Enggak lama setelah minum korban kolaps muntah, bekas muntahnya ada juga. Mirip kayak di kasus Jessica mulut korban hitam, berbusa," kata Kompol Teguh dalam keterangan tertulis Polda Metro Jaya, Selasa (4/10).

Pemimpin padepokan yang berlokasi di Depok, Jawa Barat itu membunuh dua pengikutnya Ahmad Sanusi dan Shendy Eko Budianto. Kejadian berawal saat kedua korban datang ke padepokan membawa mobil New Avanza berwarna putih. "Mereka diajak Anton ke Tangerang untuk menggandakan emas," kata  Kompol Teguh.

Namun sebelum berangkat, pelaku membeli kopi di warung dengan menggunakan gelas plastik yang telah dicampur racun sianida. "Caranya disiapin kopi lalu sudah disiapkan potasium sianida, korban disuruh pelaku untuk minum sebelum berangkat. Pelaku mengaku cara itu terinspirasi kasus Jessica," kata dia.

Dari pengakuan Anton, ia mendapat racun Sianida dari kampung halamannya di Jawa Timur. Racun itu sengaja disimpan untuk meracun ikan. "Itu sisa dari kampung emang ada saya simpan," terangnya.

Dia mencampur racun itu dalam kopi persis seperti kasus yang menewaskan Wayan Mirna Salihin. Untuk mengaburkan petugas, Anton juga menyamarkan bahwa pelakunya bukanlah dia. Dia memakai tokoh fiktif seolah Anton bukanlah aktor utama.

Belakangan diketahui kalau pelakunya adalah Anton sendiri. Kedua korban langsung tewas setelah minum kopi racikan Anton. "Saya bawa ke Limo. Dibuang di sana," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement