Selasa 04 Oct 2016 18:54 WIB

Surakarta Berencana Bongkar Bangunan di Atas Drainase

Rep: Andrian Saputra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Patung Slamet Riyadi, salah satu ikon Kota Surakarta
Foto: sidomi.com
Patung Slamet Riyadi, salah satu ikon Kota Surakarta

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA --- Wali Kota Surakarta, F.X Hadi Rudyatmo mengatakan berencana membongkar sejumlah bangunan liar yang berdiri di atas drainase. Hal ini dilakukan sebab sejumlah ruas jalan di Surakarta kerap muncul genangan air saat hujan deras terjadi.

”Seperti bangunan yang ada di atas drainase di jalan kalitan itu akan dibongkar, gorong-gorongnya juga akan diperbesar,” tutur Rudyatmo pada Selasa (4/10) siang.

Terdapat dua bangunan yang berdiri di atas drainase di Jalan Kalitan. Kata Rudyatmo setelah dilakukan pembongkaran, pihaknya akan langsung memperbesar gorong-gorong.

Hal itu juga akan membuat jalan Kalitan menjadi lebih lebar. Selain jalan Kalitan kata Rudyatmo perbaikan drainase juga akan dilakukan di Jalan Supomo. Sebab di jalan tersebut terdapat banyak sodetan.

Kata dia dengan perbaikan drainase merupakan upaya Pemkotr Surakarta dalam melakukan pemetaan penanganan banjir.

 Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Surakarta, Endah Sitaresmi Suryandari mengaku kesulitan untuk memperbaiki drainase di Surakarta. Sebab kata dia terdapat sejumlah bangunan warga yang berdiri di atas drainase. Selain itu kerap ditemukan limbah rumah tangga menyumbat saluran drainase.

“Banyak kendala, seperti sampah limbah rumah tangga yang mengendap sehingga menghambat air. Saat terjadi hujan air tidak mengalir tapi meluap ke permukaan dan terjadi genangan di jalan,” tuturnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement