Senin 03 Oct 2016 17:32 WIB

Ketik 'Sungai Bersih karena Foke' di Google, Hasilnya Mengejutkan

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Nur Aini
Google menyarankan mengganti kata Foke dengan Ahok
Foto: Screenshoot
Google menyarankan mengganti kata Foke dengan Ahok

REPUBLIKA.CO.ID,‎ JAKARTA -- Ada yang unik dalam mesin pencarian Google hari ini. Cobalah ketik kalimat 'sungai bersih karena Foke', maka hasil yang muncul akan membuat Anda tertawa.

Bagaimana tidak, saat melakukan pencarian tersebut, netizen akan menemukan kalimat Did you mean (Mungkin maksud Anda) adalah: sungai bersih karena Ahok.

Uniknya lagi, kata apa pun yang Anda tulis di depan kalimat 'bersih karena Foke', maka tulisan yang muncul selanjutnya tetap sama. Cobalah ganti kata 'sungai' dengan 'badan' atau kata lainnya sesuka Anda. Maka yang akan muncul adalah Mungkin maksud Anda adalah: badan bersih karena Ahok. Tertarik mencoba?

Entah siapa yang membuat lelucon tersebut. Namun hal ini diduga tak terlepas dari pernyataan bakal calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, beberapa waktu lalu yang menyebut bahwa sungai di Jakarta kini tampak bersih berkat hasil rancangan Gubernur DKI Jakarta periode 2004-2009, Fauzi Bowo. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) merespons pernyataan Anies dengan guyonan.

Ahok pun meminta Anies mencari kebenaran perihal siapa yang berhasil membuat sungai di DKI Jakarta menjadi bersih. "Sebenarnya Pak Anies kalau mau lebih rajin, cari di Google saja. Ada orang kirim ke saya, iseng gitu ya 'sungai bersih karena Foke'. Tapi langsung ditulis did you mean: sungai bersih karena Ahok. Itu Google loh," kata Ahok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement