Sabtu 01 Oct 2016 16:14 WIB

Anies Baswedan: Tugas Ibu Lebih Rumit daripada CEO

Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyatakan akan mengedepankan program penguatan peran keluarga dan perempuan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi warga Ibu Kota.

"Kami ingin agar komponen keluarga menjadi perhatian pemerintah daerah. Keluarga itu pilar, belajar disiplin, belajar bersih, belajar mengelola sampah semua mulainya dari keluarga," kata dia dalam pertemuan dengan kader pelopor perempuan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jakarta, Sabtu (1/10).

Menurut Anies, keluarga merupakan sumber perbaikan untuk menyelesaikan berbagai persoalan di ibu kota karena keluarga mampu membentuk perilaku dan kebiasaan seseorang.

Perempuan terutama kaum ibu, kata dia, juga memegang peran penting dalam menghadapi tantangan sosial dan ekonomi di kota metropolitan di antaranya kemacetan, pekerjaan, pengelolaan rumah tangga, dan kebutuhan ekonomi.

 

Selain itu, kata dia, ibu merupakan pihak yang paling bertanggungjawab terhadap sukses atau tidaknya pendidikan anak.

"Menurut saya, menjadi ibu itu tugasnya jauh lebih rumit daripada CEO manapun," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Jika terpilih menjadi gubernur, Anies akan membentuk sebuah institusi di bawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang memungkinkan praktik-praktik pendidikan yang baik dari sebuah keluarga, dapat dijadikan bahan pembelajaran di keluarga lainnya.

"Keluarga itu belajarnya dari sesama orang tua, bukan oleh 'coach'. Kita ingin keluarga bisa benar-benar menjadi benteng pertahanan dan tempat tumbuhnya kebiasaaan baik," kata cagub yang berpasangan dengan cawagub Sandiaga Uno.

Dalam Pilkada DKI 2017, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang diusung oleh Partai Gerindra dan PKS, akan melawan dua pasangan calon lain, yakni pejawat Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, serta Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement