Ahad 25 Sep 2016 21:16 WIB

Hujan Deras Bikin Sejumlah Permukiman Warga Jakarta Terendam Air

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Karta Raharja Ucu
Warga berjalan melintasi genangan air saat banjir di permukiman warga di kawasan Cipinang Melayu, Jakarta Timur.
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Warga berjalan melintasi genangan air saat banjir di permukiman warga di kawasan Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan deras yang mengguyur Jakarta selama akhir pekan ini menyebabkan sejumlah wilayah di kota ini terendam banjir. Salah satunya adalah kawasan permukiman penduduk di Rukun Warga (RW) 01, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Menurut laporan yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, banjir mulai merendam kawasan itu sejak pukul 00.00 WIB Sabtu (24/9). Sekitar dua jam berikutnya, ketinggian banjir di sana berkisar antara 20–60 sentimeter.

“Banjir di RW 01 Kembangan Utara ini disebabkan oleh luapan air Kali (Sungai) Angke Hulu,” tulis Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Provinsi DKI lewat pernyataan tertulis yang diterima Republika, Ahad (25/9). Instansi itu mencatat, status Kali Angke Hulu sempat berada pada posisi siaga satu (bencana) dengan ketinggian muka air sungai mencapai 310 sentimeter pada pukul 01.41 WIB, Sabtu.

Berdasarkan pantauan terakhir, banjir setinggi betis orang dewasa masih menggenangi Jalan Zamrud yang berada tepat di depan SDN 01 Kembangan, Kembangan Utara, hingga malam ini. Selain itu, banjir juga merendam puluhan rumah warga yang ada di kawasan itu. Kondisi tersebut sangat mengganggu aktivitas warga.

“Dari Subuh hingga Magrib ini, belum ada tanda-tanda banjir di sini akan surut,” tutur salah seorang warga RT 07/01 Kembangan Utara, Abdul Aziz (52 tahun), Ahad (25/9).

Banjir juga merendam Komplek Perumahan Joglo Baru di Jakarta Barat. “Hingga siang tadi, ketinggian genangan air di kawasan itu mencapai paha orang dewasa,” ujar warga setempat, Siswanto.

Pusdalops BPBD lewat peringatan dininya menyebutkan, hujan dengan intensitas sedang–lebat disertai kilat atau petir diperkirakan masih akan berlangsung pada malam ini di sejumlah wilayah di Jakarta, seperti Cakung, Penggilingan, Pulogebang, Duren Sawit, Pondok Kelapa, Cipinang, Tebet, dan Kalimalang. 

Potensi cuaca serupa juga diprediksi terjadi di kawasan Cililitan, Halim, Lubang Buaya, Pondok Gede, Pasar Rebo, Ciracas, Cipayung, Cibubur, Tanjung Barat, Srengseng Sawah Pejaten, Pasar Minggu, Kalibata, Jatinegara, Rawamagun, Salemba, Matraman, Manggarai, Cikini, Cilandak, Senayan, Pal Merah, Kebayoran, Gandaria, dan Cipulir.

“Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 22.00 WIB dan meluas ke daerah-daerah sekitar seperti Tangerang, Bekasi, dan Depok.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement