Sabtu 24 Sep 2016 14:02 WIB

Tiga Paslon Pilkada DKI Diperiksa Secara Fisik dan Rohani

Rep: C39/ Red: Bayu Hermawan
 Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga pasangan bakal calon gubernur (Cagub) dan cawagub pada Pilkada DKI 2017 menjalani pemeriksaan kesehatan di RSAL Dr Mintohardjo, Jakarta Pusat, Sabtu (24/9). Hasil tes kesehatan ini menjadi salah satu syarat wajib bagi seorang bakal calon untuk bisa bertarung di Pilkada.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Sumarno mengatakan, dalam tes kesehatan tersebut tidak hanya dilakukan pemeriksaan fisik saja tapi juga pemeriksaan rohani.

"Standar pemeriksaan rohani. Ada ratusan soal tertulis yang harus dijawab. Kemudian ada interview dari tim psikiater. Kemudian nanti dirumuskan secara mental sehat atau tidak," ujarnya di RSAL Dr Mintohardjo.

Menurut Sumarno, hasil pemeriksaan tersebut harus dikeluarkan pada akhir bulan ini. Pasalnya, kata dia, hasil tersebut menjadi syarat bagi KPU untuk menetapkan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

"Hasilnya, 28 September ini sudah harus diterima hasilnya oleh KPU. Ini jd syarat bagi KPU pada tanggal 24 Oktober penetapan paslon. 25 Oktober pengundian nomor urut," katanya.

Sebelumnya diberitakan, dua Paslon sedang menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo, Jakarta Pusat, Sabtu (24/9) sejak pukul 07.00 WIB tadi.

Kedua Paslon tersebut yaitu, Paslon Pejawat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat‎ dan pasangan dari poros Cekeas Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni. Sementara itu, untuk paslon Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan menjalani tes kesehatan pada pukul 13.00 siang ini .

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement