Kamis 15 Sep 2016 10:00 WIB

Diterjang Longsor, Seorang Warga Cianjur Tewas

Rep: Riga Iman/ Red: Nur Aini
 Ilustrasi tanah longsor.
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Ilustrasi tanah longsor.

REPUBLIKA.CO.ID,CIANJUR — Bencana longsor menerjaang sebuah rumah di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Rabu (14/9) malam. Dampaknya, seorang warga tewas dan empat lainnya mengalami luka-luka akibat peristiwa tersebut.

Data dari Polres Cianjur menyebutkan, bencana tepatnya terjadi di Kampung Cihurang RT 05 RW 07 Desa Sindangjaya Kecamatan Cipanas sekitar pukul 20.00 WIB. Wilayah tersebut berada di sekitar kawasan Kebon Raya Cibodas (KRC). Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahayu menerangkan, bencana longsor terjadi setelah wilayah Cianjur diguyur hujan deras sejak Rabu sore. ‘’ Hujan yang cukup lama itu menyebabkan tebing setinggi 15 meter di belakang permukiman warga longsor,’’ terang dia kepada kepada wartawan Kamis (15/9).

Akibatnya, kata Asep, satu unit rumah yang berada persis di bawah tebing tertimbun longsor. Dalam kejadian tersebut salah seorang penghuni rumah meninggal dunia yakni Tarsiah (36 tahun). Selain itu empat orang yang ada di dalam rumah mengalami luka-luka yakni suami Tarsiah, Iip (40 tahun) dan anaknya Arul (12 tahun) serta dua pegawai kebun raya yaitu Odang (20 tahun) dan Aok (32 tahun).

Para korban, ungkap Asep, telah dievakuasi oleh petugas gabungan. Untuk korban luka telah mendapatkan penanganan medis. Selain menyebabkan seorang warga tewas, kata dia, longsor juga merusak dua unit sepeda motor yang ada di dalam rumah. Ke depan, sambung Asep, polisi meminta agar warga yang tinggal di daerah rawan bencana meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi longsor. Hal ini karena, sebagian wilayah Cianjur termasuk dalam daerah rawan bencana khususnya longsor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement