Sabtu 10 Sep 2016 19:55 WIB

800 Personel Tambahan Siap Amankan Idul Adha di Bogor

Ilustrasi.
Foto: Ist
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, CIBINONG -- Kepala Kepolisian Resor Bogor, AKBP Andi M Dicky mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 800 personel tambahan dalam pengamanan Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah.

"Kita sudah siapkan tambahan anggota yang ikut membantu kelancaran lalu lintas dan pengamanan di titik rawan. Semoga hari raya nanti kondusif," katanya saat dihubungi di Cibinong, Sabtu (10/9).

Menurut dia, 800 anggota Polres tersebut akan diposisikan membantu Kepolisian Sektor (olsek) di masing-masing wilayah untuk mengantisipasi titik kepadatan lalu lintas dan tempat wisata yang biasa terjadi pada hari libur. Di antaranya adalah tempat wisata Puncak Bogor dan sekitarnya serta jalur wisata Sukabumi dan sekitarnya juga pasar tradisional maupun pasar modern.

Karena itu, kata Kapolres, anggota Polres Bogor telah dipersiapkan untuk merekayasa lalu lintas di jalur kemacetan maupun berjaga terhadap potensi kriminalitas yang terjadi. Contoh kasus, kata M Dicky, adalah pencurian adalah salah satu contoh potensi kriminal yang mungkin terjadi saat hari libur. Kasus itu kini berhasil ditekan oleh Kepolisian.

"Insya Allah dengan kebersamaan semuanya bisa aman, selain dengan penjagaan dari pihak kami, masyarakat juga sudah cukup mengetahui antisipasinya tidak banyak membawa uang tunai tapi melalui perbankan," ujarnya.

Kepala Seksi Pengendalian Operasional (Kasi Dalops) Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) menyampaikan pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Bogor dalam membantu penanganan dengan menempatkan satu mobil derek di Pos Pengamanan Gadok.

"Kami sudah melakukan rapat koordinasi dengan Kasatlantas Kabupaten Bogor dan saat ini anggota Kepolisian maupun DLLAJ sudah berada di masing-masing titik pengaman sejak Jumat (9/9)," katanya.

Terkait koordinasi, kata Bisma, sesuai dengan hasil rapat tersebut pada Kamis (8/9), DLLAJ telah menghentikan sementara pengecoran di Jalan Raya Caringin untuk menghindari kemacetan yang terlalu panjang. "Sehingga masyarakat yang akan berlibur atau berkunjung ke arah Sukabumi tidak terlalu kesulitan sampai di tempat tujuan dengan waktu yang terlalu lama," katanya.

Sedangkan di daerah lainnya, kata Kasi Dalops DLLAJ Kabupaten Bogor itu, tidak ada langkah khusus yang dilakukan. "Daerah lainnya normal saja karena diperkirakan kemacetan di Jalur Puncak dan Sukabumi," katanya.

Karena itu, menurut Bisma, masyarakat dapat merencanakan masa libur panjang di pekan ini yang terhitung empat hari mulai Jumat pekan ini hingga Senin pekan depan dengan telah memprediksi situasi lalu lintas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement