Jumat 09 Sep 2016 17:54 WIB

Tiga Faktor Sandiaga Bisa Menangkan Pilgub DKI 2017

Rep: Lintar Satria/ Red: Karta Raharja Ucu
  Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duet Sandiaga-Mardani dinilai cukup memiliki kans besar dalam Pilgub DKI Jakarta 2017. Pengajar Komunikasi Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta Harmonis melihat keduanya memiliki gaya politik yang lembut, tenang dan cerdas. Keduanya juga berasal dari dua partai yang memiliki cukup banyak suara di Jakarta.

"Cukup besar saya kira, ini tinggal timnya saja bagaimana membangun politic communication dan networking dengan partai-partai yang juga memiliki banyak suara, bisa dengan pendekatan ideologi bisa dengan pendekatan cultural," katanya, Jumat (9/9).

Menurut Harmonis ada tiga faktor yang diperlukan calon pemimpin untuk memenangkan pemilihan. Faktor pertama, kata Guspiabri ialah networking atau jaringan. Guspiabri mengatakan Sandiaga memiliki jaringan yang sangat luas, ia juga Badan Pengurus Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dengan jaringan tersebut menurut Harmonis kans Sandiaga semakin besar.

"Karena karakter jaringan bila ada satu yang maju yang lainnya merapatkan barisan, karena jaringan tersebut juga akan memiliki keuntungan," kata Harmonis.

Faktor kedua, lanjut Harmonis ialah social capital atau modal sosial. Keduanya memiliki mesin partai yang besar.

Selain itu massa yang dimiliki Gerindra yang mengusung Sandiaga dan PKS yang mengusu Mardani Ali Sera memiliki massa yang loyal. Menurut Harmonis massa Gerindra dan PKS akan memilih pemimpin yang sudah ditentukan partai.

"Kalau dari massa real, massanya Gerindra dan PKS itu sangat loyal, mereka sami na wa atana mereka dengar mereka laksanakan," katanya.

Selain itu, tambah Harmonis, melihat pejawat Basuki Tjataha Purnama yang sebelumnya tidak ingin menggunakan partai. Tapi selanjutnya memilih partai politik. Menunjukan partai politik masih mempunyai kekuatan dalam proses kemenangan pemilihan umum.

Faktor yang terakhir menurut Harmonis ialah financial capital atau modal uang. Sandiaga dikenal sebagai pengusaha sukses. Menurut Harmonis faktor ini juga masih menjadi faktor penentu kemenangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement