Rabu 07 Sep 2016 07:36 WIB

PLN Tambah 4 Unit Trafo di Jawa Timur

Rep: Frederikus Bata/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas PLN mengganti trafo listrik yang rusak (ilustrasi).
Foto: Antara/Arief Priyono
Petugas PLN mengganti trafo listrik yang rusak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WLINGI - - Perusahaan Listrik Negara (PLN) menambah kapasitas Empat Unit Trafo di sejumlah daerah di Jawa Timur. Trafo ini akan membantu pasokan listrik di Pacitan, Lamongan, Blitar, Malang, Tulungagung dan sekitarnya.

Dari keempat trafo tersebut, tiga trafo 150/20 kilo volt di New Wlingi, New Pacitan, dan New Lamongan dilakukan uprating dari 30 Mega Volt Ampere (MVA) menjadi 60 MVA. Kemudian satu unit trafo 150/70 kV di Kebon Agung dilakukan uprating dari 50 MVA menjadi 100 MVA. Penambahan kapasitas keempat trafo ini dilakukan selama sepekan terakhir.

Pada peresmian pengoperasian keempat Trafo di New Wlingi, Selasa (6/9), Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur dan Bali PLN Amin Subekti mengatakan penambahan kapasitas trafo dapat meningkatkan pelayanan kelistrikan di Jawa Timur. Ia mengharapkan  ini menjadi peluang bagi pelaku bisnis dan industri untuk mengembangkan usahanya di propinsi tersebut.

“Dengan jaminan suplai energi listrik yang mencukupi dari PLN, maka akan memberikan kesempatan bagi para pelaku bisnis dan investor untuk memajukan usahanya di Jawa Timur tanpa khawatir kekurangan listrik,” ujar Amin.

 

PLN juga menambah jalur transmisi listrik baru melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilovolts (kV) Kediri - New Tulungagung - New Wlingi yang terbentang sepanjang 74 kilometer. Dari total 235 tower yang menopang SUTT ini, sebanyak 122 sudah berdiri dan saat ini dalam proses stringing atau pemasangan konduktor pada transmisi tegangan tinggi. Sebanyak 113 sisanya,  di wilayah Kediri dan Tulungagung masih dalam pembebasan lahan.

Saat ini, beban puncak sistem Kelistrikan Jawa Timur sebesar 5.200 megawatt (MW), daya mampunya sebesar 7.134 MW dan jaringan transmisi sepanjang 7.923 kilo meter sirkit (kms). Dengan adanya penambahan kapasitas trafo beserta jaringan transmisi, maka pasokan listrik ke pelanggan akan semakin kuat.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement