Senin 05 Sep 2016 19:21 WIB

Ini Skenario Korlantas Cegah Macet Parah di 'Brexit' Saat Idul Adha

Rep: Mabruroh/ Red: Bayu Hermawan
Kemacetan di Brexit (ilustrasi)
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Kemacetan di Brexit (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah membuat strategi untuk mengantisipasi agar kemacetan panjang di Exit Tol Brebes Timur tak terjadi lagi saat libur panjang Hari Raya Idul Adha.

Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan ada beberapa skenario yang disiapkan.  Skenario pertama kendaraan dari arus Semarang semua dimasukkan ke Brebes Timur. Sedangkan bagi kendaraan yang akan keluar di Brebes Barat tidak dikenakan biaya bayar tol.

"Tetapi kendaraan yang akan ke Jakarta, Bandung tetap bayar tol. Itu kan menampung masyarakat sekitar Brebes Barat dan Brebes Timur supaya enggak bayar," ujarnya, Senin (5/9).

Kemudian skenario kedua kata dia, pengendalian dilakukan tidak hanya di Brebes Timur tapi juga melalui tol dalam kota. Sehingga apabila terjadi kepadatan di Brebes, maka di gate tol Cikarang Utama akan ditutup sebagian.

"Jadi dampaknya mengurangi kecepatan sampai Brebes," katanya.

Skenario yang ketiga lanjut dia, jika terjadi kepadatan volume kendaraan  di arah Brebes maka akan dikeluarkan  di beberapa tol sebelumnya. "Nanti akan kita keluarkan di Karawang Timur dan Karawang Barat, lalu kita arahkan ke Nagrek," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement