Senin 29 Aug 2016 12:03 WIB

2.400 Hektare Hutan di Samosir Terbakar

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Angga Indrawan
Kebakaran Hutan
Kebakaran Hutan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebakaran hutan dan lahan masih berlangsung di kawasan hutan Pusuk Buhit Kabupaten Samosir Provinsi Sumatra Utara pada hari ini. Diperkirakan kebakaran menjangkau 2.400 hektare dan api masih melebar.

Wilayah ini sebelumnya juga pernah terbakar pada bulan Juni hingga 20 Agustus 2016 lalu. Namun api kembali menyala sejak Sabtu (28/8).

Petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD, dan masyarakat masih memadamkan api. "Saat ini sudah dua orang warga yang ditangani kepolisian karena diduga membakar," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Senin (29/8).

Upaya pemadaman dilakukan manual dan mengerahkan mobil pemadam kebakaran. Petugas membuat sekat agar api tidak menyebar ke permukiman di kaki gunung. Hingga saat ini Bupati Kabupaten Samosir belum menetapkan status Siaga Darurat meskipun wilayahnya terbakar sejak Juni 2016. Kepala BPBD Samosir sudah mengusulkan ke Bupati agar segera menetapkam status darurat. Kebakaran hutan dan lahan saat ini berada di lokasi baru di Kabupaten Samosir.

BNPB segera memberikan bantuan helikopter water bombing untuk pemadaman dari udara. Sebelumnya BNPB juga mengirimkan helikopter dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di Samosir pada Juni hingga 20 Agustus 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement