Rabu 24 Aug 2016 21:26 WIB

Teknologi Membuat Manusia Jadi Bodoh?

Wartawan Republika, Winda Destiana Putri
Foto:

Penelitian menyebut, mereka yang diabaikan dalam kehidupan media sosial menjadi lebih tertekan ketimbang di kehidupan nyata. Tak ayal banyak dari mereka menjadi korban perundungan siber yang tentu akan mengganggu kesehatan mental dan memengaruhi pola tidur.

Tidak tepatnya menggunakan teknologi juga berakibat fatal pada kesehatan tubuh seperti sakit kepala terhadap radiasi telepon pintar. Riset yang dilakukan salah satu produsen ponsel pada 2008 silam menunjukkan melakukan kegiatan atau panggilan telepon saat sebelum tidur malam dapat memengaruhi kualitas tidur yang dapat menyebabkan sakit kepala pada keesokan harinya.

Lebih parahnya lagi bila sudah kecanduan internet. Banyak psikiater yang saat ini menawarkan pengobatan untuk kecanduan internet. Mereka telah merawat pasien yang merasa dunia daring telah mengambil alih kehidupannya. Menurut psikiater AS, Jerald Block, kondisi tersebut harus dilihat sebagai gangguan klinis yang berakibat serius bila semakin banyak orang yang kecanduan bermain gim daring serta melihat pornografi atau kekerasan seksual di internet.

Perilaku lain yang ditimbulkan akibat terlalu nyandu dengan teknologi seperti internet adalah kurangnya rasa empati terhadap sesama. Tak ayal, banyak satu atau kelompok yang saling bertikai akibat ucapan yang mereka lontarkan di status media sosial atau tanggapan yang mereka kirim pada akun seseorang jika hal tersebut tak sesuai dengan pendapatnya.

Makin banyak seseorang yang pandai menyimpulkan suatu persoalan tanpa menelaah lebih lanjut. Dalam penelitian dikatakan pria yang cenderung melakukan hal ini meski mereka tidak lebih sering menggunakan teknologi daripada wanita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement