Jumat 19 Aug 2016 19:09 WIB

Herman Deru Minta Masyarakat Jaga Keutuhan NKRI

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) . (ilustrasi)
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) . (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Bakal calon gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru meminta masyarakat tetap utuh dalam bingkai NKRI dan salah satu langkah penting dalam rangka mengisi kemerdekaan. Deru menyampaikan sebuah syair Arab yang mengatakan Al Ittihaadu Asasun Najah, yang artinya persatuan itu adalah pangkal kesuksesan karena adanya perbedaan suku dan bahasa.

"Ini semua janganlah menjadikan satu golongan merasa paling benar sementara yang lainnya dianggap salah, namun hendaknya rasa tasamuh atau toleransilah yang kita kedepankan sehingga masing-masing merasa nyaman dan aman," kata Deru dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/8).

Bila rasa aman dan nyaman dapat dirasakan, kata Deru, tentu orang lain pun akan merasa aman. Apalagi tidak lama lagi akan banyak tamu dari berbagai negara dalam perhelatan Asian Games 2018.

"Nantinya ribuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke bumi Sriwijaya ini, tentunya kegiatan membersihkan lingkungan masing-masing, menjaga suasana agar senantiasa kondusif adalah bagian dari ikromu duyuf atau menghormati tamu," kata Deru.

Mantan bupati Oki Timur ini juga mengajak warga Sumatra Selatan bersatu memajukan provinsi tersebut. Ia juga mengimbau warga Sumsel mempererat silaturahim, yang dilandasi oleh ukhuwah islamiyah, ukhuwah basyariyah (kebersamaan yang dilandasi atas dasar  sesama manusia ) dan ukhuwah wathoniyah (kebersamaan yang dilandasi atas dasar kesamaan dalam bernegara ).

"Karena bila kebersamaan sudah terwujud kita akan mudah untuk bersama-sama memajukan wilayah kita Palembang ini  khususnya dan Sumsel pada umumnya," ucap Deru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement