Kamis 18 Aug 2016 17:21 WIB

Tito: Tak Ada Setoran Rp 90 Miliar dari Freddy Budiman ke Pejabat Polri

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Nidia Zuraya
Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Foto: ROL/Wisnu Aji Prasetiyo
Kapolri Jenderal Tito Karnavian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) belum lama ini bertemu deng Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Pertemuan tersebut terkait hasil penelusuran PPATK tentang dugaan aliran dana almarhum Freddy Budiman ke sejumlah aparat keamanan termasuk pejabat Polri.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, tidak ada ditemukan aliran dana Rp 90 miliar dari Freddy Budiman kepada pejabat polri seperti yang diberitakan sebelumnya. Pejabat Polri, BNN diduga menerina setoran dari Freddy Budiman.

"Intinya kami tidak melihat dari Freddy Budiman ke anggota yang Rp 90 miliar," ujar Tito usai menggelar pertemuan dengan PBNU, di Jakarta, Kamis (18/8).

Tito menjelaskan, berbagai langkah telah dilakukan oleh tim pencari fakta terkait testimoni Freddy Budiman. Diantaranya kerja sama dengan PPATK.

Kendati demikian, mantan Kapolda Papua itu tidak akan mengungkap hasil dari PPATK ke publik. Pasalnya hal tersebut bersifat rahasia dan yang menyampaikan ke publik akan dikenakan pidana.

Namun, Jenderal bintang empat itu menegaskan, tidak ada aliran dana Freddy Budiman ke sejumlah jenderal di lingkungan Mabes Polri. "Nggak ada itu, nggak ada," kata Tito.

Tim investigasi telau dibentuk yang dipimpin Irwasum Polri. Dalam tim investigasi melibatkan pihak di luar polri seperti Kompolnas, akademisi dan Setara Institute.

Menurut Tito dengan melibatkan pihak luar untuk menjamin yang dikerjakana tim investigas berjalan obyektif dan independen. Presiden telah mengapresiasi tim investigasi yang dibentuk. "Itu artinya kita dipercaya," ujar Tito.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement