Kamis 18 Aug 2016 14:33 WIB

Menhub: Palembang Jadi Percontohan Jalur LRT

Gambar kereta api ringan (LRT).
Gambar kereta api ringan (LRT).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Kota Palembang akan menjadi percontohan bagi daerah lain dalam pembangunan jalur kereta api ringan karena ini yang pertama dikerjakan.

"Jalur kereta api ringan tersebut akan menjadi motivasi bagi daerah lain dalam pembangunan sarana transportasi," kata Menhub usai meninjau pembangunan jalur kereta api ringan zona 1 dan 3 di Palembang, Kamis (18/8).

Dia mengatakan, apalagi pembangunan jalur kereta api ringan tersebut merupakan satu-satunya dan pertama diluar DKI Jakarta. Bahkan, ujar dia, program jalur untuk mengatasi kemacetan tersebut lebih cepat dari progres yang ditetapkan.

Lebih lanjut Menhub mengatakan, selain itu Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin yang memiliki pemikiran sebelum terjadi kemacetan panjang maka perlu dibangun jalur kereta api ringan tersebut. "Apalagi pembangunan infrastruktur tersebut dilaksanakan sebelum terjadinya kemacetan," ujar dia.

"Jadi itu harus menjadi contoh bagi pemerintah daerah lainnya karena jauh-jauh hari sudah diantisipasi," kata Menhub menambahkan.

Menurut Menhub, pembangunan jalur kereta api ringan tersebut memang persiapan Asian Games 2018 karena nantinya akan digunakan untuk angkutan peserta pesta olahraga internasional mendatang. "Namun kedepannya nanti koridornya perlu ditambah lagi dengan memanfaatkan perusahaan nasional dan daerah," ujarnya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement