Kamis 18 Aug 2016 00:35 WIB

Penataan Stasiun Tugu Segera Dimulai

Rep: Yulianingsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Stasiun Tugu Yogyakarta
Foto: Antara
Stasiun Tugu Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) VI akan segera melakukan penataan terhadap stasiun Tugu Yogyakarta. Penataan dilakukan untuk sisi Timur dan sisi Selatan stasiun tersebut. Dengan rencana ini pedagang di kompleks stasiun Tugu terutama sisi Selatan akan ditertibkan segera.

Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Hendy Helmi mengatakan, akhr tahun ini penataan Stasiun Tugu ditargetkan selesai. "Karenanya akan segera kita mulai, sehingga akhir tahun kita targetkan selesai," katanya, Rabu (17/8).

Pihaknya telah menyiapkan dana Rp 15 miliar untuk penataan stasiun tersebut. Saat ini, fokus penataan Stasiun Tugu adalah pada penataan di sisi selatan stasiun karena di lokasi tersebut masih digunakan oleh pedagang termasuk keberadaan sejumlah kantor milik pemerintah daerah.

Diakuinya, penataan Stasiun Tugu tersebut merupakan langkah awal menuju proses penataan kawasan Stasiun Tugu secara terpadu yang rencananya dilakukan pada 2017 dengan dana yang jauh lebih besar.

Menurutnya,  penataan Stasiun Tugu ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang sekaligus untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat karena nantinya fasilitas yang dibangun juga akan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas.

Helmi mengaku, koordinas dan komunikasi dengan Pemda DIY dan pihak Kraton terus dilakukan. "Komunikasi kita lakukan terus termasuk dengan pedagang," ujarnya.

Sisi selatan Stasiun Tugu yang berhadapan langsung dengan Jalan Pasar Kembang akan dibangun trotoar yang cukup lebar antara enam hingga delapan meter. Trotoar tersebut dibangun untuk memfasilitasi dan memberikan kenyamanan kepada pejalan kaki yang melintas menuju dan dari Malioboro ke Stasiun Tugu.

Areal pedestrian tersebut rencananya dibangun dari sekitar tempat parkir Stasiun Tugu di Bong Suwung hingga menuju Teteg Tugu dengan panjang sekitar 800 meter.

Terkait sejumlah kantor pemerintahan yang ada di sepanjang Jalan Pasar Kembang dan akan terdampak penataan, Helmi menyebut sudah menyurati Pemerintah Kota Yogyakarta untuk dipindahkan.

Sedangkan untuk pedagang, lanjut Hendy juga terus dikondisikan untuk dipindahkan ke lokasi lain. Terdapat 121 pedagang yang akan terdampak penataan sisi selatan Stasiun Tugu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement