Rabu 17 Aug 2016 13:28 WIB

Kejar Target Geopark Dunia, Pemprov Gelar Festival Ciletuh

Rep: arie lukihardianti/ Red: Agus Yulianto

REPUBLIKA.CO.ID,Kejar Target Geopark Dunia, Pemprov Gelar Festival Ciletuh

BANDUNG -- Untuk menjadi bagian dari Unesco Global Geopark Network, Pemprov Jabar kembali menggelar Ciletuh-Pelabuhanratu Geopark Festival 2016. Gelaran ini dimulai pada 27-28 Agustus 2016. Festival yang akan menampilkan beragam acara tersebut digelar di Pantai Batu Namprak, Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakna, Ciletuh Geopark Festival tersebut merupakan bentuk komitmen Pemprov Jabar untuk memperjuangkan Ciletuh menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark Network. “Kami menargetkan, predikat tersebut paling lambat sudah bisa diraih Ciletuh pada Desember 2017 mendatang,” ujar Deddy, Selasa (16/8).

Selain itu, melalui gelaran Ciletuh Geopark Festival, Pemprov Jabar juga ingin mempromosikan keragaman warisan budaya, bumi dan hayati di kawasan Geopark Ciletuh sebagai destinasi pariwisata bertaraf internasional di Jawa Barat. Pemprov Jabar pun, terus mempersiapkan masyarakat setempat agar mampu dan siap mewujudkan Geopark Ciletuh sebagai destinasi wisata siap kunjung.

Festival Ciletuh ini, kata dia, bertujuan untuk mengenalkan Ciletuh tidak hanya ke masyarakat Indonesia, tapi juga ke dunia internasional. “Selain memperkenalkan keindahan alam, begitu banyak potensi wisata yang bisa dijual,” kata Deddy.

Ada berbagai acara, , yang akan disuguhkan seperti ekspedisi geo climb, uji coba jalur sepeda, jelajah alam geopark Ciletuh, cultural performances mulai dari tarian dan seni tradisi, Ciletuh Adventure Challenge, atraksi perahu hias, festival layang-layang hias, festival surfing internasional hingga pesta rakyat dan acara menarik lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida mengatakan, rangkaian kegiatan CGF 2016 ini dimulai dari pra event, main event dan pasca event. Sejak awal Agustus lalu pihaknya telah menyosialisasikan CGF 2016 melalui berbagai acara di beberapa tempat.

Pada acara puncak CGF 2016 di Pantai Batu Namprak Ujung Genteng akan ada berbagai Cultural Performance atau pertunjukkan budaya yang melibatkan 500 peserta. Geobike atau aksi bersih lingkungan dengan konsep funbike, dimana 400 peserta yang berasal dari Bandung, Jakarta dan Sukabumi akan bersepeda dengan rute Tamanjaya hingga Pangumbahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement