Selasa 16 Aug 2016 22:02 WIB

Enam Ribu Pecinta Alam Daki Gunung Talang

Gunung Talang
Foto: Michael JLowe/Wikipedia
Gunung Talang

REPUBLIKA.CO.ID, AROSUKA -- Sebanyak 6.000 pecinta alam asal Kabupaten Solok dan berbagai daerah kota/kabupaten di Sumatera Barat melakukan pendakian bersama puncak Gunung Talang dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-71, Selasa (16/8).

"Kegiatan ini dikhususkan untuk para penggiat alam diantaranya Kelompok Pencinta Alam (KPA), Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA), Siswa Pencinta Alam (SISPALA) dan komunitas-komunitas penggiat alam serta organisasi kebencanaan se-Sumatera Barat," kata Bupati Solok Gusmal di Arosuka, Selasa.

Gusmal didampingi Wakil Bupati Yulfadri Nurdin dan Kepala Dinas Pariwisata M Alfajri, melepas secara resmi keberangkatan ribuan pendaki tersebut dari halaman upacara kantor Bupati Solok di Arosuka.

Ia menyebutkan, pendakian bersama Gunung Talang Tahun 2016 dengan tema Nanjak Bareng Sang Merah Putih Gunung Talang "Tours Our Mount" ini, yang juga diikuti anggota TNI dari Kodim 0309/Solok dan Satpol PP itu, juga dalam rangka memperkenalkan keindahan obyek wisata alam yang ada di Kabupaten Solok.

Selain itu, katanya aktivitas pendakian bersama Gunung Talang ini juga dalam rangka ikut menjaga dan melestarikan alam khususnya kawasan hutan yang ada di wilayah Kabupaten Solok.

Ia mengatakan, pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pariwisata sangat mendukung kegiatan positif seperti pendakian bersama Gunung Talang, dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT Ke-71 RI sekaligus menjaga kelestarian dan ekosistem kawasan hutan di sekitar Gunung Talang.

"Adalah tugas kita semua termasuk generasi muda para pecinta alam untuk ikut menjaga kelestarian hutan sekaligus mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif melakukan pendakian bersama Gunung Talang memeriahkan HUT RI yang Ke-71," katanya.

Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin mengatakan dirinya yang memimpin langsung pendakian bersama Gunung Talang tersebut, melalui jalur pendakian di Nagari Air Batumbuak Kecamatan Gunung Talang pada Selasa siang.

Pendakian ke puncak Gunung Talang itu, katanya akan ditempuh dengan memakan waktu tiga sampai empat jam perjalanan lewat gerbang pendakian di Nagari Aia Batumbuak tersebut. "Pada 17 Agustus pagi hari seluruh peserta pendakian Gunung Talang juga akan melakukan upacara bendera dalam rangka memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yang ke-71," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement